Saturday, June 22, 2024

Empat Tips Perawatan pada Burung Paruh Bengkok

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id — Ada banyak tips seputar perawatan burung paruh bengkok. Perawatan yang tepat membuat burung klangenan akan tumbuh dan memberi performa optimal. Berikut ini tips seputar perawatan burung paruh bengkok.

Warna bulu

Di habitat aslinya di Maluku, burung paruh bengkok seperti kakatua taninbar Cacatua goffini dan bayan aru Electhus rotates aruensis memiliki warna bulu indah. Untuk menjaga keindahan warna bulu saat di penangkaran, penting untuk memberi pakan gula jawa yang telah dihaluskan sebanyak 2 kali sehari. Berikan gula merah dengan cara mencampurkannya pada pakan buah yang telah diblender.

Obat flu

Flu sering terjadi pada saat musim penghujan atau peralihan musim. Untuk mengatasi burung yang terkena flu, Anda bisa memberi sebuah cabai rawit ke dalam pakan jus sayuran dan buah. Cabai membuat tubuh burung hangat sehingga terbebas dari flu.

Atraksi

Selain berwarna indah, burung paruh bengkok juga pintar melakukan trik unik seperti memasukkan bola ke keranjang. Cara mudah melatih burung agar lihai beratraksi dengan pengaturan pemberian pakan.

Lazimnya, pelatih memberikan pakan sebagai imbalan setelah burung melakukan trik. Sama saja seperti memberikan imbalan kepada anak-anak. Jika si burung menuruti perintah, mendapatkan hadiah berupa pakan kesukaan.

Oleh karena itu, pelatih harus hafal pakan favorit klangenan. Pemberian pakan favorit meningkatkan “ikatan” antara pelatih dan burung kesayangan.

Pakan

Permasalahan tembolok bocor kerap menghantui para pehobi burung paruh bengkok pemula. Persoalan itu akibat keliru saat memberi pakan. Salah satunya saat memberikan pakan berupa bubur.

Pehobi biasanya menggunakan air panas saat menyeduh pakan hingga menjadi bubur. Pemberian pakan dilakukan dengan tepat dan aman, yakni selalu memeriksa suhu bubur dengan telunjuk. Jika sudah dingin, baru berikan pada paruh bengkok kesayangan.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Berbisnis Olahan Bayam, Anak Muda Asal Tasikmalaya Raup Omzet Puluhan Juta

Trubus.id—Bayam tidak hanya menjadi sumber zat besi, tetapi juga bisa menjadi sumber cuan bagi  Filsya Khoirina Fildzah, S.Kep., Ners...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img