Sunday, June 16, 2024

Formula Racikan Pakan Lele

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id—Membuat formula pakan ikan lele sendiri, Anda perlu mengetahui kadar protein pakan untuk mempermudahkan mengatur komposisi bahan baku. Berikut contoh komposisi bahan baku untuk membuat 100 kg pelet:

Bahan

  • Tepung ikan 25 bagian
  • Tepung daging 10 bagian
  • Tepung kedelai atau ampas tahu kering 20 bagian
  • Dedak halus 25 bagian – Tepung daun 8 bagian
  • Vitamin dan mineral 2 bagian

Selanjutnya kalikan jumlah bahan dengan kandungan protein tiap bahan untuk mendapat kadar protein masing-masing, kecuali vitamin dan mineral. Kadar protein pakan jadi (pelet) dapat diketahui dengan menjumlahkan seluruhnya.

Sebagai contoh kandungan protein tepung ikan 60%. Maka untuk mengetahui kadar protein tepung ikan hitung dengan cara berikut: 60/100 x 25 = 15. Begitu seterusnya sampai didapat kadar protein semua bahan baku.

Untuk skala pemeliharaan 2.500 bibit lele diperlukan pakan rata-rata 3 kg/hari, cukup menggunakan gilingan daging secara manual untuk membuat pelet. Pada bulan pertama, dosis pakan 5% bobot ikan/hari. Pada bulan kedua sebanyak 3% bobot ikan/hari.

Untuk membuat pelet apung gunakan mesin extruder. Namun demikian, untuk memelihara 2.500 ekor benih lele, lebih disarankan untuk menggunakan pakan komersial bermerek yang beredar di pasaran terlebih dulu sebagai ujicoba.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Berniaga Bibit Buah Naga, Pekebun di Subang dapat Cuan Puluhan juta

Trubus.id—Dedi Sumardi selalu kebanjiran pesanan ribuan bibit buah naga. Total sekitar 2.480 batang bibit yang terjual dalam sebulan.  Ia...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img