Thursday, August 18, 2022

Heiko Bleher: Indonesia Surga Ikan Hias Tropis

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

Paracheilinus cyaneusTangan dinginnya sampai saat ini sudah ditemukan sekitar 5.000 jenis ikan hias. Banyak di antara ikan-ikan hias itu menjadi populer di dunia seperti diskus dan siklid.

Kepiawaiannya menemukan ikan hias baru memang tak ada duanya. Menurut Herman Oei saat ia menemani Bleher pada medio Mei 2011 ke suatu tempat di Kalimantan Tengah, dalam tempo 3 jam selama 4 hari eksplorasi bisa diperoleh 50 jenis ikan baru. “Indonesia termasuk salah satu surga ikan hias tropis,” ujar cucu Adolf Kiel, bapak tanaman air dunia asal Jerman itu kepada Trubus di sela-sela perhelatan Aquarama 2011 Singapura.

Banyak ikan hias tanahair yang ditemukannya, kini mendunia. Sebut saja beberapa jenis rainbow seperti bosmani Melanotaenia boesemani dan M. goldiei dari Danau Lamur di Papua. Itu belum menghitung penemuan-penemuan ikan barunya di antara keindahan terumbu karang di Raja Ampat, Papua Barat, seperti Paracheilinus nursalim dan P. cyaneus yang benar-benar membuat takjub karena sosoknya memikat. (Dian Adijaya S)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img