Monday, August 15, 2022

Ikan Baru: Calon Pesohor dari Taiwan

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

 

Cara Singapura pamerkan ikan-ikan hias baruSosok ikan yang sepintas mirip bandeng itu memang tengah digadang-gadang oleh Departemen Kelautan dan Perikanannya Taiwan sebagai salah satu ikan hias akuarium. “Coraknya memang tidak seindah diskus atau cupang, tapi ikan ini tergolong langka,” ujar Kuan. Langka? Ya kerabat ikan mas yang memiliki punggung abu-abu dengan strip gelap di tengah tubuh itu rupanya hanya ditemukan di anak sungai dan danau di bagian barat Taiwan.

Ikan hias yang endemik dan langka memang menjadi incaran para penghobi ikan hias dunia. “Candidia bisa naik daun karena kelebihannya ikan itu hanya ditemukan di Taiwan saja,” tambah Ignatius Mulyadi. Kasus sama terjadi pada ikan hias yang kini tengah populer seperti aneka siklid tropheus yang habitatnya di Danau Tanganyika, Afrika Tengah, atau sapu-sapu hias yang bertempat tinggal di Sungai Amazon di Brasil.

Melejit

Seperti penyelenggaraan Aquarama sebelumnya, paviliun Singapura selalu menampilkan ikan-ikan hias baru atau tengah menjadi tren di kalangan para pembeli dunia. Menurut Kenneth Tay dari Aqua Fauna di bilangan Lim Chu Kang, Singapura, ikan-ikan baru selalu mendapat sambutan hangat dari para calon pembeli di seluruh dunia yang sengaja hadir pada perhelatan Aquarama. “Setiap selesai Aquarama pasti ada order ikan hias yang dipajang di paviliun kami,” ujarnya.

Meski begitu tak banyak ikan hias baru yang dipajang di paviliun Singapura. Jumlahnya tak lebih dari 10 jenis. Beberapa jenis seperti ballon neon Mikrogeophagus ramirezi dari Sungai Orinoco yang melintasi Venezuela dan Kolombia di Amerika Selatan dan hi fin red white mickey mouse platy Xiphophorus maculates yang dijajakan U$2,5 per ekor setara Rp25.000/ekor (kurs US1=Rp10.000) sudah mencuat sejak Aquarama 2007. “Platy  mickey mouse salah satu ikan hias unggulan kami saat ini,” ujar Stephanie dari Tung Hu Aquarium di Lim Chu Kang, Singapura.

Pada Ajang Aquarama 2011 itu memang hanya Singapura dan Taiwan yang memamerkan jenis-jenis ikan hias baru hasil breeding dan eksplorasi di berbagai tempat di belahan dunia. Keduanya memang berkepentingan lantaran Singapura ingin terus menancapkan kukunya sebagai eksportir ikan hias besar dunia,    sedangkan Taiwan tengah berancang-ancang menjadi salah satu pusat penjualan ikan hias dunia melalui pendirian Center for Research and Export of Aquaculture yang akan beroperasi pada Februari 2012. Inilah calon ikan hias sohor dari Aquarama 2011. (Dian Adijaya S)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img