Wednesday, August 10, 2022

Jejak Inovasi Belanda

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

Beragam inovasi dan tanaman taman terbaru tersaji pada gelaran GrootGroenPlus 2016.

Budidaya cacing di kota dapat dilakukan menggunakan vermikomposter.
Budidaya cacing di kota dapat dilakukan menggunakan vermikomposter.

Kotak hijau cerah setinggi 60 cm itu menyedot perhatian pengunjung. Penampilan kotak itu artistik dan elegan. Siapa saja yang melihat kotak itu penasaran isi di dalamnya. Wadah berukuran 50,5 cm x 38 cm x 9 cm itu berisi cacing dan sampah organik. “Ini adalah vermikomposter, produk terbaru kami,” kata Sales and Marketing Manager Plastia, Ladislava Pohankova.

Kreasi perusahaan asal Republik Ceko itu untuk kaum urban. Vermikomposter memiliki dua manfaat utama. Pertama mengatasi sampah organik rumah tangga seperti sisa sayuran dan buah. Lebih baik memasukkan ke dalam vermikomposter daripada membuang limbah organik ke tempat sampah. Selain tidak mengotori lingkungan, bau tak sedap pun terkendali.

Urban gardening

Tanaman berbentuk cemara seperti buxus pun hadir menyemarakkan GGP 2016.
Tanaman berbentuk cemara seperti buxus pun hadir menyemarakkan GGP 2016.

Dengan demikian warga bisa mengolah sampah organik secara mandiri menggunakan vermikomposter. Menurut Ladislava manfaat kedua produk yang dirancang desainer terkenal Republik Ceko, Jiří Pelcl, itu sebagai sumber pupuk organik. Cacing tanah di dalam kotak membantu mengurai sampah organik sehingga menjadi kompos padat.

Tumpukan limbah organik menyebabkan kotak menjadi hangat dan lembap. Sangat cocok sebagai habitat cacing tanah. Selain padatan, vermikomposter juga menghasilkan pupuk organik cair. Konsumen cukup memutar katup keran di bawah kotak dan keluarlah cairan pupuk. Artinya masyarakat perkotaan tidak perlu membeli pupuk untuk tanaman. Mereka cukup mengambil pupuk organik padat atau cair sesuai keperluan.

Publishing editor pada laman Planteria.eu yang tinggal di Siprus, Phil Evans, mengatakan produk itu berpotensi diminati masyarakat perkotaan.Selain vermikomposter, inovasi lain Plastia yakni pot swasiram (self watering pot). Planter namanya. Penyiraman tanaman dalam pot setinggi 77 cm itu hanya sebulan sekali. Musababnya bagian bawah pot berisi sekitar 20 l air. Lebih lanjut Ladislava menuturkan penyiraman tergantung dari jenis tanaman. Bila tanaman berbunga kecil atau herbs, penambahan air bisa dilakukan dua bulan sekali. Produk yang memiliki indikator kapasitas air disebut Berberis.

Nurseri

Tanaman di dalam pot setinggi 77 cm ini hanya perlu disiram sekali sebulan.
Tanaman di dalam pot setinggi 77 cm ini hanya perlu disiram sekali sebulan.

Produk pot swasiram itu cocok untuk menanam herbs, bunga, dan tomat. Tanaman mendapat air secara langsung atau melalui kain basah melalui mekanisme kapilaritas. Semua produk inovatif Plastia itu berhasil menyedot perhatian pengunjung. Perusahaan yang berdiri pada 2003 itu berpartisipasi dalam ekshibisi GrootGroenPlus (GGP) 2016.

Pameran tanaman taman itu berlangsung pada 5—7 Oktober 2016 di Kota Zundert, Provinsi North Brabant, Belanda. Perjalanan sekitar dua jam menggunakan kereta api dari bandara Schiphol, Amsterdam. Selain menampilkan produk terbaru seputar pertanian perkotaan, fokus utama acara yang memasuki tahun ke-26 itu yakni seputar tanaman taman. Terdapat sekitar 225 nurseri tanaman serta 75 pemasok dan lembaga nirlaba menghadiri pameran internasional itu.

Produk lain yang ditawarkan meliputi tanaman hutan, semak, florikultur, konifer atau tanaman berdaun jarum, taman, buah, dan teknologi mutakhir. Peserta dan pengunjung pameran berasal dari berbagai negara seperti Belgia, Jerman, Inggris, Polandia, Amerika Serikat, Rusia, Aljazair, Ceko, dan Krosia. Perwakilan pemerintah, institusi, pengembang proyek, arsitek, perancang lanskap, pengelola taman, profesional bidang penghijauan, mengunjungi pameran GGP.

AW-DISK, penutup media dalam pot, kreasi Engrow BV dari Belanda.
AW-DISK, penutup media dalam pot, kreasi Engrow BV dari Belanda.

Harap mafhum semua inovasi dan teknologi terkini serta tanaman taman dan hias baru tersaji pada pameran yang menempati area 1 hektare itu. Pameran nurseri itu tempat yang tepat untuk berbisnis, menjalin mitra, dan bertransaksi. Oleh karena itulah Ladislava berpartisipasi pada GGP 2016. Itu kali pertama perusahaan tempat ia bekerja bergabung dengan pameran itu.

“Harapannya kami dapat mempromosikan dan menjual produk,” kata Ladislava. Pengelola Hergo Boomkwekerij BV, Styen Herijgers, pun senang terlibat dalam ajang tahunan itu. Menurut Styen melalui GGP 2016 ia mendapatkan beberapa pelanggan baru.

Ramah lingkungan

Dutch Greenroof memperoleh serat sabut kelapa dari India dan Srilanka.
Dutch Greenroof memperoleh serat sabut kelapa dari India dan Srilanka.

Pameran yang berlangsung di kota kelahiran pelukis terkenal Belanda, Vincent Willem van Gogh, itu menampilkan 27 tanaman taman terbaru. Itu ajang penting untuk memperkenalkan tanaman baru. Para juri dari Koninklijke Vereniging voor Boskoopse Culturen (KVBC) menetapkan sembilan tanaman baru terbaik yang masing-masing mendapat medali emas, perak, dan perunggu (baca: Terelok di Negeri Jingga, halaman 70—71). Flora lain yang mendominasi berupa tanaman kerabat cemara yang dibentuk pohon natal seperti Buxus sempervirens dan B. sempervirens ‘Green Gem’.

Tanaman lain yang mencolok yakni Hamamelis intermedia ‘Evi’. Tanaman itu teruji tangguh di lapangan sehingga berhak menggondol medali emas dari KVBC. Penyilang tanaman itu adalah kolektor dari Booskop, WJ van der Werf. Sebutan Evi berasal dari nama salah satu cucu Werf. Bunga tanaman semak itu sangat lebat, didominasi warna kuning berkilau dan cocok untuk musim semi.

Agar semakin mendunia, panitia GGP 2016 melalui chief executive officer (CEO) All Round Communication, Frank van Suchtelen, mengundang sekitar 30 jurnalis dari berbagai negara di Eropa dan Indonesia.

AW-DISK tersedia dalam berbagai ukuran yang berperan menekan pertumbuhan rumput atau tanaman pengganggu lainnya.
AW-DISK tersedia dalam berbagai ukuran yang berperan menekan pertumbuhan rumput atau tanaman pengganggu lainnya.

Pada 6 Oktober 2016 para jurnalis berkunjung ke beberapa nurseri di sekitar Zundert. Salah satu yang menarik adalah mekanisasi di nurseri. Para pekebun memanfaatkan beragam teknologi demi menghasilkan produk berkualitas (baca: Pindah Tanam Dua Detik halaman72—73). Ketua GrootGroenPlus, David Bomer, menuturkan kini pengelola nurseri mesti menghasilkan produk yang ramah lingkungan.

Sebab kesadaran konsumen tentang asas keberlanjutan semakin tinggi. Styen Herijgers salah satu pemilik nurseri di Zundert yang memproduksi tanaman ramah lingkungan. Kini Styen menekan penggunaan pestisida dan secara teratur memeriksa kandungan tanah sehingga nutrisi tanaman selalu tercukupi. Pria 26 tahun itu menggunakan mesin pengontrol rumput untuk membatasi pertumbuhan gulma.

Sedum mat solusi tepat dan cepat menghijaukan atap atau dinding rumah.
Sedum mat solusi tepat dan cepat menghijaukan atap atau dinding rumah.

Singkat kata Styen berupaya menerapkan pola budidaya tanaman yang ramah lingkungan. Berbagai upaya Styen itu berbuah manis. Lembaga sertifikasi di Belanda, MPS Foundation, mengganjar upaya itu dengan sertifikasi keberlanjutan lingkungan. Selama ini Styen Herijgers spesialis tanaman hutan dan pagar.

Matras

Pot swasiram cocok untuk kaum urban yang ingin menikmati segarnya alam di dalam rumah.
Pot swasiram cocok untuk kaum urban yang ingin menikmati segarnya alam di dalam rumah.

Inovasi lain yang hadir pada GGP 2016 yakni penggunaan serabut kelapa. Engrow BV di Tiel, Gelderland, Belanda, memanfaatkan coconut fibre menjadi penutup media dalam pot. “Kami menggabungkan serabut kelapa dan karet alami sebagaii bahan baku AW-DISK,” kata Erwin van Florestein, produsen AW-DISK. Lebih lanjut Erwin mengatakan produk itu solusi mengatasi rumput liar dan lumut.

Vermickomposter, alat pengolah sampah organik sekaligus sumber pupuk di perkotaan.
Vermickomposter, alat pengolah sampah organik sekaligus sumber pupuk di perkotaan.

Produk berwarna cokelat itu mencegah perkecambahan rumput dan menghentikan pertumbuhan lumut. Yang paling penting AW-DISK ramah lingkungan. Pehobi atau pemilik nurseri tidak perlu lagi menggunakan bahan kimia dan menyewa tenaga kerja untuk membersihkan rumput. AW-DISK berbentuk lingkaran dan persegi berbagai ukuran sesuai diameter pot. Mulai untuk pot berukuran 18—80 cm.

Pengelola Hergo Boomkwekerij BV, Styen Herijgers, tertarik mengikuti GGP 2016 karena dapat menjaring pelanggan baru.
Pengelola Hergo Boomkwekerij BV, Styen Herijgers, tertarik mengikuti GGP 2016 karena dapat menjaring pelanggan baru.

Aplikasi AW-DISK sangat mudah. Letakkan saja produk itu di atas pot yang diameternya sama. Di negara-negara Eropa AW-DISK bertahan 1—2 tahun tergantung cuaca. Perusahaan lain yang memanfaatkan serabut kelapa adalah Dutch Greenroof. Perusahaan di Holten, Belanda, itu menggunakan bahan alami pada matras sedum. Sedum adalah genus dari tanaman anggota famili Crassulaceae, berdaun sukulen, dan tumbuh merayap atau berbentuk semak tahunan.

Sales and Marketing Manager Plastia, Ladislava Pohankova, mengatakan vermicompostor produk terbaru pada Oktober 2016.
Sales and Marketing Manager Plastia, Ladislava Pohankova, mengatakan vermicompostor produk terbaru pada Oktober 2016.

Selain sedum, jenis lain yang di tanam pada matras serabut kelapa adalah tanaman yang hidup di dataran tinggi. Dengan matras sedum atap yang semula kosong berubah hijau dalam sekejap. “Konsumen cukup menggelar sedum mat di dak rumah atau tempat lain. Sangat mudah,” kata direktur Dutch Greenroof, Rolph Markvoort. Matras sedum berbentuk gulungan berukuran 2 m x 1,2 m dan 1,2 m x 1 m. Konsumen dapat memanfaatkan produk itu sampai kapan pun. Rolph mendapatkan serabut kelapa dari India dan Sri Lanka. (Riefza Vebriansyah)

Previous articleCabai Pengawet Alami
Next articlePindah Tanam Dua Detik
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img