Thursday, February 9, 2023

Keberadaan Pohon Trembesi Membawa Beragam Manfaat

Rekomendasi

Trubus.id — Keberadaan pohon trembesi di suatu wilayah membawa beragam manfaat bagi makhluk hidup di sekitarnya. Berikut ini beberapa manfaat yang ada pada pohon trembesi.

Konservasi tanah

Trembesi berfungsi sebagai tanaman konservasi tanah. Hal ini karena tajuk trembesi mampu menahan air hujan sehingga tidak langsung mengenai tanah. Air hujan mengalir melalui ranting, cabang, dan batang trembesi.

Penyerap karbondioksida

Selain itu, fungsi trembesi yang paling terkenal yakni sebagai tanaman penyerap karbondioksida. Wajar, jika para pengelola jalan raya kerap menanam trembesi di sepanjang jalan.

Meski begitu, perlu diperhatikan penanaman trembesi untuk penaung di jalan raya seperti di Pantura. Berikan akar cukup ruang agar bisa berkembang untuk mencari unsur hara. Jika tempatnya terbatas, akar tumbuh mendatar sehingga berpotensi merusak jalan.

Konservasi air

Manfaat lain trembesi adalah sebagai tanaman konservasi air. Pohon besar seperti trembesi memiliki kemampuan menyerap banyak air. Kadang, jika kandungan air terlalu banyak, trembesi meneteskan air dari daun sehingga mirip hujan. Dari situlah trembesi disebut rain tree oleh masyarakat di negeri Barat.

Biji trembesi sebagai camilan

Masyarakat kerap memanfaatkan biji trembesi sebagai sebagai camilan. Biji trembesi berbentuk butiran bulat panjang, berwarna cokelat tua, dan berkulit keras. Adapun daging bijinya berwarna putih.

Untuk mengonsumsi biji trembesi, Anda bisa mengupas buah polong trembesi tua. Setelah itu, sangrai biji trembesi. Penyangraian berfungsi menghilangkan lendir dekat biji. Bahkan,  terkadang ada juga yang menjual biji trembesi siap makan. Rasa biji trembesi ini enak dan gurih, tetapi baunya seperti lamtoro.

Tidak hanya enak, biji trembesi pun bergizi. Hasil pengujian di Laboratorium Balai Penelitian dan Pengembangan Industri Semarang dengan menggunakan uji Kjentec Automatic menunjukkan biji trembesi yang disangrai dan dibuat tepung mengandung protein yang cukup besar mencapai 44,4 persen per 100 gram.

Bandingkan dengan protein kacang tanah dengan perlakuan sama yang hanya 26,9 persen. Dengan demikian, biji trembesi sebenarnya mengandung protein cukup tinggi dibanding kacang tanah.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Meybi Kantongi Omzet Rp75 Juta Sebulan dari Daun Kelor

Trubus.id — Daun moringa alias kelor bagi sebagian orang identik dengan mistis. Namun, bagi Meybi Agnesya Neolaka Lomanledo, daun...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img