Saturday, April 13, 2024

Kiat Buahkan Cabai-Cabai Terpedas di Pot

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id—Hampir semua jenis cabai bisa dipotkan termasuk cabai terpedas. Habanero misalnya cabai dengan tingkat kepedasan 500.000—1.000.000 dalam skala Scoville. Batas bawah kepedasan habanero itu lima kali batas terpedas cabai rawit merah yang tingkat kepedasannya “hanya” 50.000—100.000 Scoville.

Pantas rasa pedasnya menyengat sekali di lidah. Di peringkat atas lainnya ada bhut jolokia asal India dan naga viper, hasil silangan Gerald Fowler, pekebun cabai di Inggris. Tingkat kepedasan bhut jolokia sekitar 1-juta Scoville, naga viper mencapai 1.382.000 Scoville sehingga menyandang predikat terpedas di dunia.

Jika di tanahair si pedas baru sebatas tanaman hias, tidak demikian di mancanegara. Sekadar contoh habanero menjadi campuran dalam saus Tabasco—saus cabai terkenal asal Amerika yang berbahan baku cabai C. frutescens varietas tabasco.

Saus tabasco dengan campuran habanero mencapai tingkat kepedasan 7.000—8.000 Scoville.

Saus tabasco saja 2.500—5.000 scoville. Selain itu ada juga C. annuum bulat seukuran kersen Muntingia calabura berwarna kuning. Pada ujung buah muda terdapat sisa kelopak bunga seperti yang terdapat pada buah delima.

Sayang rasanya tidak pedas, mirip paprika. Pilihan lain cabai tumpuk. Sosoknya mirip cabai rawit besar tapi buah menggerombol seperti kipas. Dalam satu dompol cabai rata-rata terdapat 3—5 buah. Saat muda, buah berwarna kuning pucat dan makin masak makin merah.

Kiat Buahkan Cabai di Pot

  1. Semai benih cabai dalam wadah bermedia cocopeat.
  2. Selang satu bulan atau setelah bibit memiliki 3—4 daun sejati, bibit bisa dipindah ke pot tunggal berdiameter 30 cm. Media bisa menggunakan campuran tanah, pupuk kandang, dan sekam mentah dengan perbandingan 2:2:2.
  3. Pemupukan dilakukan setiap minggu menggunakan larutan NPK dengan komposisi seimbang 16:16:16 atau 15:15:15. Dosisnya 3—5 g/l air. Kocorkan 1/4 l larutan NPK per tanaman.
  4. Bentuk tajuk dengan cara memotes cabang bibit 1,5 bulan setelah pindahtanam. Ulangi pemotesan ujung cabang 2—4 minggu kemudian. Semakin sering dipotes tajuk semakin rimbun.
  5. Tanaman cabai berbuah 4 bulan setelah semai.***
- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Rawat Si Engkong : Durian Tua Berumur 100 Tahun

Trubus.id— Pohon durian setinggi 40 m itu berdiri kokoh di lokasi penanaman durian populer seperti super tembaga, bawor, musang...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img