Wednesday, September 28, 2022

Komunitas 1000Kebun Ajak Masyarakat Berkebun Secara Organik

Rekomendasi

Trubus.id — Bertanam secara organik berarti menjaga lingkungan dan berperan menjaga kesehatan seseorang. Kesadaran masyarakat terhadap kesehatan kian meningkat. Untuk mempertahankan bahkan meningkatkan kesadaran itu, Komunitas 1000Kebun mengajak masyarakat untuk berkebun secara organik.

Komunitas 1000Kebun diinisiasi oleh warga Kecamatan Arcamanik, Kota Bandung, Jawa Barat, pada 2015. Raden Galih Raditya, salah seorang pendiri Komunitas 1000Kebun, menuturkan, sejak awal dirintis, komunitas difungsikan untuk mendalami pengetahuan dan praktik bertanam secara organik.

Hal itu berawal dari kekhawatiran para anggota, di mana minim pengetahuan asal-usul pangan yang dikonsumsi. Mulai dari siapa yang menanam, di mana lokasi tanam, serta bagaimana perlakuan tanam, panen, dan distribusi hingga terhidang di piring.

Menurutnya, asal bahan pangan yang didapat akan berdampak pada kesehatan orang yang mengonsumsi. Oleh karena itu, Galih dan rekan memutuskan untuk membuat Komunitas 1000Kebun.

“Nama 1000 merujuk pada simbol banyak,” katanya.

Ia ingin dengan adanya komunitas, bisa mengajak sebanyak mungkin orang untuk berkebun secara organik. Minimal bisa memanfaatkan lahan yang terbengkalai, baik di perkotaan maupun perdesaan.

Komunitas 1000Kebun mempunyai tiga program rutin yang dijalankan, antara lain Pasar Sehat, Ngeruk (Ngebun Seru Yuk), dan Seni Tani.

Pasar Sehat diadakan setiap tiga bulan untuk mewadahi anggota petani dan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang ingin memasarkan produknya. Ngeruk diadakan setiap pekan yang berisikan ceramah dan praktik berkebun. Seni Tani merupakan kebun seluas 1.000 m2 sebagai perwujudan dari pengetahuan yang dibagikan komunitas.

Selain itu, ada juga Warung 1000Kebun yang menyediakan beragam produk pertanian yang terjamin kualitas dan keamanannya.

Menurut Galih, Komunitas 1000Kebun tengah mengurus perizinan sebagai perkumpulan berbadan hukum. Adapun visinya mengajak masyarakat untuk memulai gaya hidup sehat.

Galih menuturkan, salah satu cara paling mudah menerapkan gaya hidup sehat adalah dengan mengonsumsi makanan sehat. Tentu, salah satu cara mendapatkan makanan sehat yakni dengan berkebun secara organik.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Permintaan Produk Organik Kian Meningkat

Trubus.id — Permintaan produk organik mengalami peningkatan. Peningkatan permintaan produk organik di Indonesia terjadi karena munculnya kesadaran menjaga kesehatan...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img