Sunday, August 14, 2022

Kucing Rusia Idola Anyar

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

Para pehobi menggandrungi kucing rusia biru alias russian blue cat.

Trubus — Kucing rusia biru atau russian blue cat tergolong ras kucing cerdas yang berbulu pendek dan berwarna bulu perak kebiruan. Sepasang matanya yang hijau memikat para pehobi. “Pandangan matanya seperti tatapan mata kekasih yang memikat,” kata pemilik Superbee Cattery di Bekasi, Jawa Barat, Surya Kencana. Pada umumnya mata kucing biru rusia berwarna hijau yang makin terang seiring bertambah usia.

Meskipun demikian ada sebagian kecil kucing biru rusia yang bermata kuning. Sejak 1990-an kucing biru rusia kerap muncul pada film leyar lebar karena cerdas dan anggun. Kucing itu juga sering muncul di iklan–iklan karena penampilan yang menawan mirip model. Bulu kucing rusia biru sangat halus, mengilap, dan licin. Lengannya terlihat panjang sehingga tampak elegan.

Idola baru

Suasana World Show pada 2019 di Freiburg, Jerman.

Menurut Surya Kencana kucing rusia biru berbulu pendek kini menjadi idaman para pehobi kucing. Beberapa pehobi mendatangkannya dari Rusia pada awal 2019 serta mulai muncul di kontes yang digelar Indonesian Cat Association (ICA) dan Cat Fanciers’ Association (CFA). “Sejak itu russian blue cat mulai banyak dikenal orang dan menjadi kucing impian,” kata Surya yang mengoleksi 2 pasang russian blue cat sejak Mei 2019.

Pemilik Rainbow Pet Care and Shop di Palembang, Sumatera Selatan, drh. Aulia Evi Susanti mengatakan, kucing rusia biru memang tergolong idola baru di tanah air. “Belum banyak pencinta kucing di Indonesia yang memiliki karena masih terbatas,” kata Evi. Di mancanegara russian blue cat tergolong pet yang populer dikoleksi kalangan menengah ke atas.

Kucing biru rusia merupakan ras kucing alami. Ia sering disebut juga kucing arkhangelsk biru karena dianggap berasal dari Pelabuhan Arkhangelsk, Rusia. Banyak yang meyakini para pelaut mengadopsi kucing biru rusia dari Kepulauan Arkhangelsk ke Inggris dan Eropa Utara pada 1860-an. Kucing biru rusia pertama kali tercatat mengikuti kontes kucing di luar Rusia pada 1875 di Crystal Palace, Inggris dengan nama kucing arkhangelsk.

Para penangkar kucing di mancanegara giat mempromosikan russian blue cat.

Rusia dan negara-negara Skandinavia mengembangkannya sampai setelah Perang Dunia II. Kucing biru rusia modern saat ini berasal dari jalur keturunan kucing biru rusia dari Skandinavia dan Inggris. Satwa itu juga digunakan secara terbatas sebagai tetua untuk menciptakan ras kucing lain seperti kucing havana brown atau mengubah ras kucing yang telah ada, seperti kucing nebelung.

Cerdas

Kucing rusia biru juga jinak seperti ras kucing bulu pendek lainnya. Awalnya russian blue cat sering kali terkesan pemalu dan pendiam, tetapi bila telah kenal malah sangat manja dan ingin terus bermain,” kata Surya. Pemilik sering kali tak kuasa menolak kucing rusia biru mengajak terus bermain karena caranya sangat khas, yakni menatap tajam dengan lembut. Tatapan matanya itu seperti mata anak kecil atau kekasih yang memohon. “Matanya mampu meluluhkan dan mengambil hati pemilik,” kata Surya.

Cat show CFA di Jakarta mulai memperkenalkan kelas baru russian blue cat.

Pehobi dapat melatih kebiasan kucing rusia biru karena kecerdasannya. Sebut saja untuk bermain dan mengambil bola. Ia bahkan dapat mengatasi kendala yang tak dapat dilakukan oleh ras kucing lain yang telah didomestikasi. “Kucing peliharaan biasanya sudah tak mampu lagi memanjat tinggi seperti kucing kampung. Namun, kucing rusia biru dapat menjangkau bagian atas lemari di cat room, lalu tidur di atas,” kata Surya.

Menurut Surya perawatan kucing biru rusia mirip dengan ras kucing bulu pendek lain yang butuh dimandikan. Surya juga memiliki ras kucing bulu pendek lain seperti abyssinian dan cornish rex. Namun, pada kondisi ruangan yang ideal, kucing biru rusia dapat saja tidak mandi selama sebulan. “Pastikan kondisi kandang tidak lembap sehingga bulu bebas kusut dan terinfeksi cendawan,” kata Surya. Bila terlihat bulu mulai kusut sebaiknya kucing biru rusia dimandikan.

Bulu russian blue cat umumnya mengeluarkan minyak seperti ras kucing lainnya. Saat memandikan pastikan menggunakan penghilang minyak selain sampo. Gosok tubuh kucing biru rusia dengan lembut dan bilas. Setelah itu keringkan dengan blower lalu rapikan bulunya yang cantik. Russian blue cat pun kembali memesona. (Destika Cahyana)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img