Friday, August 12, 2022

Kura-kura

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

  1. Apakah kura-kura bisa dipelihara satu kolam dengan bulus? Apa pakan yang baik dan berapa temperatur ideal untuk kedua hewan itu?
  2. Bagaimana cara memperoleh izin kepemilikannya?
  3. Berapa jenis kura-kura yang bisa dipelihara?
  4. Di mana bulus putih bisa diperoleh dan bagaimana cara memeliharanya?
  5. Apakah perbedaan bulus dan penyu?
Elok Satitisusrama
Jl. Nusa Indah 10 Jember
Jawa Tengah
Anton Saksono
  1. Kura-kura dan bulus boleh saja dipelihara dalam 1 kolam. Namun, pakan harus terpenuhi. Jikapakan tidak terjamin, besar kemungkinan mereka akan saling memangsa. Selain itu, ukuran tubuh mesti sama. Bila tidak, yang tubuhnya lebih kecil akan menjadi bulan-bulanan yang bertubuh besar. Pelet bisa diberikan sebagai pakan. Berikan sayuran seperti tauge, kangkung, dan daun keladi sebagai pakan tambahan. Sayuran-sayuran itu sangat baik untuk memperlancar pencernaan. Pemberian pakan berprotein tinggi sangat dibutuhkan untuk mempercepat pertumbuhan. Sumber protein bisa diperoleh dari jeroan ayam, atau jeroan ikan. Reptil-reptil itu hidup nyaman pada suhu 26—280 C.
  2. Beberapa jenis kura-kura telah ditetapkan sebagai satwa yang dilindungi. Misalnya, moncong babi dan leher panjang. Untuk mendapatkan dan memeliharanya harus meminta izin kepada instansi yang berwenang. Anda bisa menghubungi Perlindungan Hutan dan Pelestarian Alam (PHPA) Departemen Kehutanan, untuk mendapatkan informasi.
  3. Hampir semua kura-kura dapat dipelihara. Namun, sebelumnya Anda mesti tahu cara memeliharanya. Yang terpenting, buat tempat hidupnya sesuai dengan habitat asli. Misalnya, Turtle amboinensis biasa hidup di daerah rawa-rawa. Ia menjalani hidupnya 50% di air dan 50% di darat. Untuk jenis ini sebaiknya di pelihara di kolam, agar pada waktu-waktu tertentu, seperti akan bertelur, ia bisa pindah ke darat.
  4. Bulus albino bisa diperoleh di para kolektor, atau para peternak bulus. Memang untuk mendapatkannya agak susah. Maklum bulus yang mengalami kelainan gen itu sangat jarang. Pemeliharaannya sama dengan bulus biasa. Yang terpenting, reptil itu tidak boleh kekurangan air. Pasalnya, ia termasuk hewan air.
  5. Bulus berbeda dengan penyu. Perbedaan yang paling mencolok, habitat bulus di air tawar sedangkan penyu di air laut. Bulus memiliki tempurung keras dan mulut tidak berparuh;  penyu bertempurung keras dan mulut berparuh seperti burung.***

 

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img