Thursday, December 8, 2022

Lele Dataran Tinggi

Rekomendasi

  1. Apakah daerah dingin seperti Cipanas cocok untuk pembesaran lele?
  2. Saya dengar pertumbuhan lele di dataran tinggi lambat. Bagaimana cara menyiasatinya?
  3. Bahan apa saja yang bisa dimanfaatkan untuk pakan lele?
  4. Ikan apa saja yang cocok dibudidayakan di daerah dingin, khususnya Cipanas?
  5. Di mana alamat penyedia bibit dan penampung lele di sekitar Cipanas?
Kevin Suwatno
kevinsuwatno@yahoo.com

Pepen Effendi

  1. Ikan tropis cocok dibudidayakan di daerah berketinggian 0—700 m di atas permukaan laut. Pohon kelapa dapat menjadi indikator. Jika di sekitar lokasi yang akan dijadikan tempat budidaya lele, pohon kelapa bisa tumbuh dan berbuah lebat, berarti cocok untuk budidaya lele dan ikan tropis lain seperti nila dan gurami.
  2. Dataran tinggi bersuhu dingin. Suhu rendah itu menjadi faktor pembatas pertumbuhan lele. Pada suhu 20oC misalnya, lele tidak mau kawin dan pada suhu 18oC Clarias sp itu berhenti makan. Suhu rendah menurunkan nafsu makan dan laju metabolisme lele sehingga pertumbuhannya lambat. Untuk menyiasatinya, lele bisa dibudidayakan di dalam kolam indoor yang dilengkapi pemanas atau heater. Heater dipasang pada suhu optimal 29oC atau di kisaran 22—32oC yang cocok untuk pertumbuhan lele.
  3. Sebaiknya gunakan pakan komersial yang banyak beredar di pasaran dengan berbagai merek, karena kandungan nutrisinya lengkap. Pakan tambahan dapat dibuat sendiri dengan mencampur berbagai bahan seperti sampah dapur, sayuran, dedak, dan ikan rucah sebagai sumber protein hewani. Cincang dan campur bahan-bahan itu, lalu rebus terlebih dulu sebelum diberikan ke lele. Beberapa peneliti juga telah menemukan alternatif sumber protein hewani berupa maggot atau larva lalat yang bisa diberikan dalam bentuk segar.
  4. Ikan yang cocok di daerah dingin antara lain tawes, nilem, dan karper rumput.
  5. Informasi produsen bibit dan penampung, silakan hubungi Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Cianjur, Jl. Arief Rahman Hakim 26, Cianjur.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Potensi Pemanfaatan Limbah Ceker Ayam sebagai Obat

Trubus.id — Mahasiswa Universitas Gadjah Mada menciptakan collagen tripeptide yang dihasilkan dari limbah ceker ayam sebagai alternatif pengobatan aterosklerosis.  Fitria Yuliana,...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img