Wednesday, September 28, 2022

Makan Durian Sesudah Mengonsumsi Minuman Bersoda dan Alkohol Bisa Meninggal, Benarkah?

Rekomendasi

Trubus.id — Selama ini beredar cerita ada orang yang meninggal mendadak karena makan durian sebelum atau sesudah minum minuman bersoda dan beralkohol. Mitos atau fakta?

Menurut dr. Errawan R. Wiradisuria, Sp.B (KBD)., M.Kes., dokter spesialis bedah dari RS Premier, Bintaro, Jakarta Selatan, meminum minuman bersoda setelah mengonsumsi durian tidak lantas membuat seseorang langsung meninggal saat itu juga.

Ia mengatakan secara ilmiah tidak ada hubungannya makan durian dan minuman bersoda, langsung mengakibatkan orang meninggal. Ia menduga akan tetap ada efek kembung yang dirasakan karena soda mengandung gas. Durian juga salah satu makanan yang menimbulkan gas. Jadi, menimbulkan efek kembung.

dr. Santoso Karo Karo, Sp.J.P., MPH (K)., dokter spesialis jantung dari RS Mitra Kemayoran, menyebutkan, sampai saat ini belum ada penelitian yang menyatakan seseorang bisa meninggal akibat meminum minuman bersoda setelah makan durian.

Ia menyarankan, sebaiknya ibu hamil dan penderita hipertensi atau diabetes melitus tidak banyak-banyak mengonsumsi durian dan minuman bersoda.

“Durian bisa menyebabkan tekanan darah dan gula naik. Dalam 100 gram durian terdapat 100–120 kalori,” jelasnya.

Penyebab lain yang kerap dituding penyebab kematian adalah mengonsumsi durian sebelum atau sesudah meminum minuman beralkohol. Apalagi, durian yang dikonsumsi berkadar alkohol tinggi, yang ditandai dengan rasa daging buah pahit. Makin pahit rasa daging duriannya, semakin tinggi kadar alkoholnya.

Lalu, dari mana alkohol pada daging durian itu berasal?

Menurut Dr. Panca Jarot Santoso, S.P., M.Si., peneliti Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika (Balitbu), sesungguhnya tidak ada tanaman di atas bumi ini yang menghasilkan alkohol. Kecuali karena fermentasi gula atau karbohidrat yang dikandungnya.

Sementara itu, menurut Iwan Subakti, penjelajah durian asal Kota Serang, Provinsi Banten, sebetulnya tidak masalah memakan durian sebelum dan sesudah minum minuman beralkohol.

Ia bahkan sering sesudah makan seafood, kemudian makan durian, lalu minum bir. Atau sebaliknya, seharian makan durian, malamnya mengonsumsi seafood dan minum bir. “Selama badan sehat dan durian yang dimakan itu durian baik, tidak peraman, dan tidak over ripe (terlalu matang), makan dengan apa pun tidak masalah,” jelasnya.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Cara Menghasilkan Silangan Palem yang Cantik

Trubus.id — Greg Hambali sangat hobi menyilangkan palem. Saking hobinya menyilangkan tanaman palem, Greg mendapatkan hasil silangan terbaru yang...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img