Wednesday, February 8, 2023

Manfaat Rutin Minum Kopi, Mencegah Serangan Kanker hingga Stroke

Rekomendasi

Trubus.id — Kandungan kafein dalam kopi mampu membantu seseorang menghilangkan kantuk. Namun, itu bersifat sementara. Meskipun begitu, faktanya manfaat kopi lebih dari itu. Terdapat khasiat bagi kesehatan bagi seseorang yang rutin minum kopi.

Kopi antistroke

Kabar baik bagi para penggemar kopi. Menyeruput secangkir kopi sehari mengurangi 20% risiko stroke. Hal itu sebagaimana dilansir dari Journal of the American Heart Association. Penelitian dilakukan pada 84.000 warga Jepang selama lebih dari 13 tahun.

Minum kopi secara teratur memiliki banyak dampak positif bagi kesehatan kardiovaskular karena bisa mencegah pembentukan gumpalan darah. Kandungan asam klorogenat dan kafeina pada kopi mencegah stroke.

Kopi antikanker

Selain antistroke, khasiat kopi lainnya adalah antikanker. Riset US National Cancer Institute, di Rockville Maryland, Amerika Serikat, membuktikan, dengan rutin meminum kopi bisa menangkal sel kanker di tubuh.

Serbuk kopi ternyata kaya antioksidan yang ampuh melawan radikal bebas penyebab kanker. Penelitian yang tertuang dalam American Journal of Clinical Nutrition pada 2012 itu melibatkan 490.000 peserta.

Hasil penelitian menyebutkan, mereka yang meminum 4 cangkir kopi setiap hari mengalami penurunan risiko kanker sekitar 15%. Penurunan risiko hingga 40% diperoleh dengan meminum di atas 6 cangkir kopi setiap hari.

Riset oleh Xuesong Chen dan kawan-kawan dari University of North Dakota School of Medicine and Health Sciene pada April 2008, menjelaskan pula konsumsi kopi secara teratur dengan takaran wajar bisa mencegah kolesterol dan alzheimer.

Membakar lemak

Mengonsumsi kopi sebelum berolahraga mampu membakar lemak lebih banyak. Riset Kevin J. Acheson dari Pusat Penelitian Nestle, Swiss, pada 2011 menunjukkan, konsumsi kafein 8 mg/kg bobot badan sebelum berolahraga mampu meningkatkan laju metabolisme tubuh hingga 16%.

Selain itu, terjadi peningkatan pembakaran lemak meskipun tidak signifikan. Penelitian yang terungkap dalam The American Journal of Clinical Nutrition menyatakan konsumsi 150 gram kafein sebelum latihan mengurangi kelelahan dan meningkatkan kemampuan fisik sebesar 12,4%. Kafein melepaskan lemak dari jaringan adiposa sehingga lemak lebih mudah dibakar.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Meybi Kantongi Omzet Rp75 Juta Sebulan dari Daun Kelor

Trubus.id — Daun moringa alias kelor bagi sebagian orang identik dengan mistis. Namun, bagi Meybi Agnesya Neolaka Lomanledo, daun...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img