Thursday, December 8, 2022

Membara Karena si Bongkok

Rekomendasi

Cara lain mencerahkan warna cupang merah: berikan pakan berupa kulit udang. Itu sebagai pengganti perlakuan dengan daun ketapang.

Muhammad Mustofa, Fajar Adi Purnomo, dan Danang Priambodo bergantian memberi pakan ke-24 cupang serit merah jantan di dalam 24 akuarium di Laboratorium Ekologi Jurusan Biologi, Universitas Negeri Semarang. Enam cupang di kelompok pertama mereka beri 2,5 g per hari pakan ikan biasa sebagai kontrol hingga hari ke-14.

Sementara enam cupang pada kelompok ke-2, 3, dan 4 masing-masing mendapat pakan yang ditambah 0,1 g, 0,5 g, dan 1 g kulit udang per 10 g pakan. Mereka membagi dosis pakan itu untuk 4 hari.

Sepekan pascaperlakuan, perbedaan warna belum terlihat. Namun pada minggu ke-2, perbedaan kecerahan warna mulai terlihat mencolok dibanding sebelum perlakuan. “Warna cupang dengan tambahan kulit udang lebih cerah dalam dua pekan tanpa menyebabkan efek samping,” tutur Fajar Adi Purnomo.

Pengganti ketapang

Ahmad Yusuf, hobiis sekaligus juri kontes cupang, menuturkan pada ajang kontes penilaian unsur warna berada di peringkat kedua setelah penilaian bentuk. “Bentuk dan warna tubuh cupang memiliki daya tarik tinggi,” kata hobiis di Jakarta Timur itu.

Untuk mendongkrak warna Betta splendens hobiis biasanya menggunakan daun ketapang Terminalia catappa pada cupang umur 1,5 bulan, siap kontes. Caranya sebanyak setengah daun ketapang dimasukkan ke dalam akuarium cupang.

“Daun ketapang membuat kondisi air sesuai dengan habitat cupang di alam,” kata Arief SL, hobiis di Bekasi, Jawa Barat.  “Cupang menyukai tempat hidup agak masam. Pemberian daun ketapang mampu menurunkan pH air sehingga cocok untuk tempat cupang hidup dengan baik dan tidak stres,” kata Yusuf. Peningkatan kecerahan warna biasanya mulai terlihat satu pekan pascapemberian daun ketapang.

Cara lain dengan memberikan suplemen mengandung pencerah warna berbahan kimia. “Suplemen itu mampu meningkatkan kecerahan warna dalam waktu kurang dari sepekan. Namun, penggunaan dalam jangka panjang atau dosis berlebih dapat mengakibatkan kemandulan,” kata Yusuf.

Protein tinggi

Hasil riset mencerahkan warna cupang dengan pemberian kulit udang disambut baik para hobiis cupang karena relatif aman dan tanpa efek samping. “Kulit udang mengandung protein cukup tinggi. Salah satu unsur penyusunnya yakni karoten yang berpotensi untuk meningkatkan kecerahan warna pada tubuh ikan,” ujar Mustofa.

Udang salah satu sumber astaxanthin alami yakni pigmen merah karoten yang mempunyai struktur hampir sama dengan betakaroten. “Astaxanthin tidak hanya mampu meningkatkan kecerahan warna pada kulit ikan tetapi produk lain, misalnya kuning telur ayam,” kata Muhammad Abdullah SSi, dosen Jurusan Biologi, Universitas Negeri Semarang. Selain udang, sumber astaxanthin di antaranya mikroalga Haematococcus pluvalis,  Xanthophyllomyces dendrorhous, ikan salmon, lobster, dan kepiting.

Agung Sudayono dan Endang Kusdiyantini dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi, Universitas Diponegoro, Semarang, membuktikan udang mengandung 22,485 mg astaxanthin, sedangkan kepiting hanya 13,807 mg per 100 gram bahan.

Pengaruhi hormon

Mustofa dan rekan kemudian memberikan kombinasi pakan itu kepada empat kelompok cupang seperti disebutkan di atas. Hasilnya pemberian kulit udang dengan dosis paling tinggi yakni 1 gram per 10 gram pakan membuat warna cupang merah paling cerah.

Muhammad Abdullah menuturkan karoten pada kulit udang meningkatkan kerja hipotalamus mensekresikan hormon adrenokortikotropik yang berperan dalam pewarnaan kulit ikan. Semakin banyak jumlah karoten yang masuk ke dalam tubuh ikan maka sintesis karotenoid semakin tinggi.

Menurut Yusuf teknik mencerahkan warna melalui pakan lebih baik ketimbang memacu dari luar, misal dengan pemberian daun ketapang ke dalam air cupang. “Mencerahkan warna dari dalam hasilnya akan bertahan lebih lama,” kata Yusuf. Hanya saja penggunaannya dibatasi pada cupang merah saja. “Bila diaplikasikan pada cupang warna lain dikhawatirkan dapat merusak warna dasar,” ujar Arief dan Yusuf sepakat. (Andari Titisari)

 

Kandungan Kulit Udang

 

Komponen

 

%

 

Air

 

7,87

 

Serat kasar

 

26,89

 

Protein kasar

 

24,03

 

Lemak

 

5,14

 

Kalsium

 

16,69

 

Fosfor

 

0,85

 

Kitin

 

18,7

 

Sumber: Mahata dan rekan dari Departemen Ilmu Nutrisi dan Pakan Fakultas Peternakan, Universitas Andalas

Mendamba Merah

1.         Tumbuk 40 gram pakan ikan hingga halus

2.         Blender 4 gram kulit udang kering hingga halus

3.         Campur kedua bahan itu dengan menambahkan 2 butir kuning telur ayam

4.         Bentuk adonan menjadi bulatan kecil, satu bulatan berbobot 10 gram

5.         Panaskan dalam oven pada suhu 60—70ºC selama 24 jam

6.         Ciri pakan yang siap digunakan  berwarna agak kecokelatan dan remah

 

^       Penambahan kulit udang pada pakan mampu mencerahkan warna cupang serit merah dalam dua pekan

<     Kulit udang mengandung karoten sehingga mampu mencerahkan warna cupang

Muhammad Mustofa dan Fajar Adi Purnomo buktikan kulit udang membantu meningkatkan kecerahan warna pada cupang

Warna cupang sebelum perlakuan (kiri—kanan: perlakuan 0,1 g; 0,5 g; 1 g kulit udang dalam 10 g pakan)

Semakin tinggi dosis yang diberikan, warna cupang akan semakin cerah (kiri—kanan: perlakuan 0,1 g; 0,5 g; 1 g kulit udang dalam 10 g pakan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Potensi Pemanfaatan Limbah Ceker Ayam sebagai Obat

Trubus.id — Mahasiswa Universitas Gadjah Mada menciptakan collagen tripeptide yang dihasilkan dari limbah ceker ayam sebagai alternatif pengobatan aterosklerosis.  Fitria Yuliana,...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img