Thursday, February 9, 2023

Mencetak Petani Milenial untuk Mengimbangi Perkembangan Pertanian Modern

Rekomendasi

Trubus.id — Perkembangan pertanian modern di Indonesia harus diimbangi dengan sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni. Dalam hal ini adalah petani-petani milenial yang melek teknologi dan inovasi.

Prof. Dr. Ir. Dedi Nursyamsi, M. Agr., Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian, mengatakan, pertanian modern yang memanfaatkan berbagai teknologi sangat cocok bagi anak-anak muda.

Dedi menilai sektor pertanian sekarang harus berkembang seiring pesatnya teknologi. Kalau tidak memanfaatkannya dan masih menggunakan cara lama pasti akan tertinggal. Apalagi, sumber daya manusia (SDM) pertanian saat ini memprihatinkan.

Berdasarkan data Sensus Pertanian 2013, sebanyak 60,8 persen usia petani lebih dari 45 tahun. Dari jumlah itu, 73,97 persen berpendidikan setingkat Sekolah Dasar (SD). Akses mereka terhadap teknologi pun rendah.

Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2019 mencatat jumlah petani mencapai 33,4 juta orang. Adapun dari jumlah itu, petani muda di Indonesia yang berusia 20–39 tahun hanya 8 persen setara 2,7 juta orang.

Sekitar 30,4 juta orang atau 91 persen berusia lebih dari 40 tahun dengan mayoritas usia mendekati 50–60 tahun.

Oleh karena itu, menurutnya, Kementerian Pertanian terus mengupayakan untuk memotivasi para petani milenial agar menjadi SDM unggul dengan berbagai bentuk seperti bimbingan, bantuan peralatan, kemudahan permodalan, dan pelatihan kewirausahaan.

Dedi yakin jika SDM pertanian dari pemuda-pemuda milenial berkualitas, kejayaan pertanian Indonesia akan digenggam. Petani milenial yang berkualitas tidak hanya mampu memanfaatkan teknologi di sektor pertanian, tetapi juga bisa memperhitungkan efektivitas dan efisiensi alat atau teknologi yang digunakan.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Racikan Bahan Alami Berkhasiat Perlu Dilakukan Pengujian Terlebih Dahulu

Trubus.id — Apa saja yang dipetik dari alam tidak serta-merta tergolong jamu. Suatu racikan alami dari berbagai jenis daun,...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img