Tuesday, February 27, 2024

Mengukur Tubuh Betta

Rekomendasi
- Advertisement -
Cupang koi mulai memiliki warna-warna permanen pada umur 100 hari.

Menentukan ukuran ikan cupang untuk kontes sekaligus pemberian pakan tepat.

Trubus — Ricky Perdana kecewa. Pehobi di Kota Depok, Provinsi Jawa Barat, itu berhasrat memiliki cupang berukuran medium atau panjang minimal 3,5 cm. Namun, setelah kiriman datang ia mengetahui cupang itu berkategori small atau kurang dari 3,5 cm. “Ikan yang datang justru masih kategori small atau baby,” kata pehobi sejak 2015 itu. Ricky membeli ikan hias itu melalui daring atau dalam jaringan.

Keruan saja Ricky protes sebab harga cupang medium lebih mahal dua kali lipat dibandingkan dengan cupang berukuran small. Namun, upaya itu sia-sia sebab pedagang bersikukuh cupang yang dikirim adalah ikan berukuran medium. Menurut Ricky kesalahpahaman dalam menentukan ukuran ikan sering kali terjadi di dunia percupangan. “Biasanya itu terjadi kalau kita membeli ikan pada pedagang pemula,” katanya.

Kepastian

Penangkar cupang di Jakarta Timur, Mirza Ghulam Ahmad, mengatakan, standar ukuran ikan memang belum diketahui luas oleh pemain cupang di tanah air, terutama pemain pemula, baik pedagang maupun pehobi. Menurut Mirza pemain pemula selayaknya mengetahui standar ukuran cupang. Jika demikian maka kedua pihak—pedagang dan pembeli atau pehobi—saling untung.

“Pembeli sebaiknya membeli ikan pada pemain cupang terpercaya atau senior,” katanya. Pengetahuan seputar ukuran ikan sangat berguna sebab menjadi poin penting dalam kontes. Di kalangan penangkar dan pedagang, cupang dengan ukuran panjang kurang dari 3,5 cm masuk dalam kelompok baby, sedangkan cupang berukuran lebih dari 3,5 cm dikatakan reguler atau senior. Ada juga yang menyebut ukuran medium.

Penghitungan panjang ikan dimulai dari mulut hingga ujung ekor. Lazimnya, pehobi cupang memburu ikan berukuran medium atau ikan sudah jadi. “Musababnya, ikan sudah jadi rata-rata lebih siap terjun kontes,” kata Mirza yang acap kali mengekspor cupang ke beberapa pehobi di mancanegara. Oleh karena itu, harga cupang medium lebih mahal dibandingkan dengan cupang small. Namun, terdapat perbedaan dala penghitungn ukuran ikan saat mengikuti kontes.

Berdasarkan International Betta Congress penghitungan ukuran ikan dari mulut hingga pangkal ekor atau body only. Cupang baby berukuran maksimal 3,25 cm, sedangkan cupang reguler minimal 3,75 cm. Mirza menuturkan ikan yang tidak masuk dalam dua kelompok itu tetap bisa ikut kontes, tetapi poin yang didapat kurang memuaskan. “Pada kontes makin besar ikan maka makin berpeluang mendulang poin,” katanya. Ukuran juga mempengaruhi warna ikan hias anggota famili Osphronemidae itu.

Cupang bermotif koi berumur 0—50 hari memiliki warna gelap. Kemudian pada umur 50—90 hari berwarna cello atau transparan. Setelah 90 hari tubuh ikan mulai terisi warna-warna asli. Selanjutnya umur 150 hari warna-warna permanen akan menyelimuti tubuh ikan. Ciri khas warna koi terdiri dari 3 warna: putih,merah, dan hitam. Cupang koi tergolong berkualitas bila warna tubuh tersebar merata di bagian badan, sirip, dorsal, ekor, dan anal.

Pakan

Pehobi cupang di Kota Bogor, Jawa Barat, Azis Fauzi, menuturkan pembentukan warna cupang terjadi sejak umur 1 bulan. Makin dewasa warna ikan cupang varian koi makin tebal. Cupang varian fancy juga demikian. Fauzi memanfaatkan daun ketapang untuk memperkuat warna ikan. Ia mengganti daun ketapang setiap bulan. “Perendaman daun ketapang di dalam akuarium berguna menyeimbangkan pH sehingga ikan tidak mudah stres,” katanya.

Pemberian pakan juga mempengaruhi ukuran ikan. Mirza menuturkan, setiap jenis cupang menyukai pakan yang berbeda. Pehobi cupang halfmoon memberikan pakan berupa kutu air agar mendapatkan bentuk yang bagus. Frekuensi pemberian pakan 1—2 kali sehari. Adapun jatah sekali pemberian 7—15 ekor kutu air. Pemberian pakan kutu air air sejak ikan berumur 31 hari.

Sementara pehobi cupang crowntail sebaiknya memberikan pakan berupa jentik nyamuk. Mirza menyarankan pemberian jentik nyamuk dimulai ketika cupang berumur 31 hari. Frekuensi pemberian 1—2 kali sehari. Adapun cupang giant lebih baik diberi pakan cacing. “Pakan alami itu memiliki kualitas lebih baik dibandingkan dengan pakan buatan pabrik. Harganya pun terjangkau dan mudah didapat,” kata pemilik nurseri King Rosetail Indonesia itu. (Andari Titisari)

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Inovasi Pakan Itik: Riset Ilmiah Membuktikan Eceng Gondok Terfermentasi Meningkatkan Bobot Itik

Trubus.id—Riset ilmiah membuktikan eceng gondok terfermentasi meningkatkan bobot itik. Siska Fitriyanti, S.Si, M.P., peneliti muda di Badan Penelitian dan...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img