Thursday, July 25, 2024

“Ngaben” Ayam dalam Foto

Rekomendasi
- Advertisement -

Diiringi rancak suara gamelan dan hujan gerimis, dalam sekejap bau gosong dan hangus menyebar ke seluruh penjuru lapangan di Desa Babahan, Kecamatan Penebel, Tabanan.

Ratusan ayam lain tampak memberontak ketika dimasukkan ke karung dan dilemparkan ke lubang. Meski bulu telah terbakar, beberapa ekor ayam berhasil meloloskan diri. Namun, dengan sigap peternak yang berada di pinggir lapangan menangkap dan melemparkannya kembali ke dalam api. Itulah ritual upacara ngaben ayam ala Bali akibat flu burung.

Dipandu 6 pemangku adat, upacara yang umum diselenggarakan ketika ada yang meninggal dunia itu berjalan lancar sejak pukul 10.00 WITA. Inilah pertama kalinya upacara ngaben diterapkan secara massal pada ayam. “Upacara penggesengan ini untuk menetralisir kekuatan negatif virus flu burung menjadi energi positif agar tidak mengganggu ternak ayam lagi,” kata Wayan Sujaya, peternak sekaligus petugas seksi upacara.

Dalam ajaran Hindu, ngaben merupakan persembahan yang disebut pitra yadnya. Tujuannya agar roh dan jasmani yang meninggal dapat segera kembali ke Maha atman. Sedangkan jasmani mengandung unsur api, air, udara, tanah, dan eter. Proses pengembalian paling cepat dengan bantuan panas, api.

Usai ngaben dilanjutkan upacara banten biakala dan prayascita. Tujuannya untuk mensucikan lokasi peternakan ayam secara skala (nyata) maupun niskala (tidak nyata). Prosesi ritual yang selesai pada pukul 11.00 WITA itu menghabiskan dana sekitar Rp 3,5 juta. Hadir pula Bupati Tabanan dan I Made Urip, anggota Komisi III DPR RI asal Tabanan, dan pejabat teras Departemen Pertanian, Pejabat Pemprov. Bali dan Pemkab Tabanan serta ratusan warga dan tokoh masyarakat setempat. (Agus Rochdianto, koresponden di Bali)

 

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Kelapa Genjah Merah Bali, Eksotis dan Produktif

Trubus.id—Kelapa genjah merah bali merupakan kelapa baru yang eksotis dan produktif. Secara umum berbunga pada umur 2—2,5 tahun dan...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img