Monday, August 8, 2022

Nimas Nipis Manis

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img
Nimas agrihorti, jeruk nipis manis andalan Balitjestro.
Nimas agrihorti, jeruk nipis manis andalan Balitjestro.

Jeruk nipis unggul rasanya manis.

Sebuah informasi mengenai keberadaan jeruk nipis manis di sebuah situs dunia maya membawa langkah Dini menuju Balai Penelitian Jeruk dan Buah Subtropika (Balitjestro) di Batu, Jawa Timur. Dokter di salah satu rumahsakit di Magelang, Jawa Tengah, itu mencari keberadaan buah idaman itu. Pasalnya, ia sudah lama berencana mengebunkan jeruk nipis manis itu sebagai herbal untuk mengobati pasien penderita kolesterol, tekanan darah tinggi, dan diabetes mellitus.

Dini semringah saat mencicip lime alias jeruk nipis seukuran bola bekel itu. Ia tak perlu mengernyitkan dahi atau menambahkan gula untuk menikmati lime itu. “Rasanya sungguh manis,” ujarnya. Selepas kunjungan itu, ia membawa pulang 100 bibit untuk ditanam di kebunnya. Ratna Sari di Blitar, Jawa Timur, juga jatuh hati pada Citrus aurantifolia manis itu. Seusai menikmati citarasanya, ia lantas membeli 10 bibit untuk ditanam di kebun koleksinya. “Jeruk nipis manis sangat langka di pasaran,” ujarnya.

Potensi produksi nimas agrihorti mencapai 5 ton/ha.
Potensi produksi nimas agrihorti mencapai 5 ton/ha.

Nimas
Jeruk nipis yang dinikmati oleh Dini dan Ratna merupakan varieatas anyar hasil pemuliaan Balitjestro bernama nimas agrihorti. Ia menjadi primadona lantaran bercitarasa manis. Pengukuran lewat refraktometer menunjukkan kadar gulanya mencapai 8,30 briks. Adapun kandungan air dan masam masing-masing 60% dan 0,45%. Bentuk buah nimas agrihorti mirip jeruk nipis biasa. Kulitnya kuning cerah dan bertekstur licin.

Diameter buah nimas agrihorti mencapai 5—6 cm dengan bobot 72—82 gram per buah. Daging buahnya putih transparan. Persentase buah yang dapat dimakan 65—75%. Dalam 100 gram buah terkandung vitamin C sebanyak 34,8 mg. Buah mampu bertahan hingga 20—50 hari pascapanen pada suhu 22—27°C.

Derajat kemanisan nimas agrihorti mencapai 8,30 briks.
Derajat kemanisan nimas agrihorti mencapai 8,30 briks.

Nimas agrihorti merupakan jeruk nipis introduksi dari India. Tanaman milik koleksi plasma nutfah Balitjestro itu memiliki nomor registrasi Pohon Induk Tunggal (PIT) Jr. Nimas Agrihorti/JTM/0.007/401/2014 dari Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura (BPSBTPH). Tanaman anggota keluarga Rutaceae itu adaptif pada ketinggian 400—950 meter di atas permukaan laut (m dpl) dengan suhu udara 22—30°C.

Ia mampu bertahan hidup di daerah beriklim kering hingga basah. Curah hujan optimum yang diperlukan 1.500—2.500 mm per tahun dengan jumlah bulan kering 3—4 bulan berturut-turut. Tanah dengan lapisan yang cukup dalam, tidak berpadas, dan bertekstur pasir atau lempung liat sangat ideal bagi pertumbuhan nimas agrohorti. Ia juga menyukai tanah dengan kadar kemasaman (pH) 5—8.

Nimas agrihorti cocok dikembangkan sebagai tabulampot.
Nimas agrihorti cocok dikembangkan sebagai tabulampot.

Budidaya
Pada kondisi optimal, nimas agrihorti belajar berbuah pada umur 2,5 tahun dari bibit hasil cangkok atau okulasi. Merujuk pada populasi ideal tanaman jeruk per hektar yakni 500 pohon maka potensi produksi nimas agrihorti mencapai 5 ton/ha. Boleh dibilang, nimas agrohorti merupakan jeruk dambaan konsumen lantaran dapat berbuah terus-menerus. Pekebun dan pehobi dapat menanamnya di pekarangan, kebun, dan pot.

Prosedur budidaya nimas agrihorti cukup gampang sama dengan jenis jeruk lain. Sediakan jarak tanam 4 m x 4 m atau 3,5 m x 4 m bergantung kesuburan tanah. Pada tanah bersolum dangkal, pehobi harus membuat lubang tanam lebih dalam. Namun, bila tanah gembur cukup bikin gundukan.

Jeruk nipis berkhasiat turunkan kadar kolesterol.
Jeruk nipis berkhasiat turunkan kadar kolesterol.

Pada lahan-lahan kering, sebaiknya tanam nimas agrihorti pada awal musim hujan yakni November sampai Desember. Pasalnya, ketersediaan air dan kelembaban udara mendukung untuk pertumbuhan awal tanaman. Sejatinya, penanaman dapat dilakukan menjelang akhir musim hujan. Namun, pekebun harus menyediakan pasokan air yang cukup agar pertumbuhan tanaman tidak terganggu apalagi pada tanaman muda.

Agar pembungaan serempak, lakukan stres air hingga daun menggulung lalu berikan pupuk. Arahkan pemupukan pada kualitas buah dan kesuburan tanaman. Buah siap petik 7 bulan pascabunga. Koleksi jagoan Balitjestro itu resmi menjadi varietas unggul baru setelah mendapat Surat Keputusan Menteri Pertanian nomor 026/Kpts/SR.120/D.2.7/3/2015. (Ir Emi Budiyati, peneliti di Balai Penelitian Jeruk dan Buah Subtropika, Badan Litbang Pertanian)

 

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img