Friday, May 24, 2024

Peluang Besar Pasar Patin dan Lele di Arab Saudi

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id— Berdasarkan data Kementerian Luar Negeri, warga negara Indonesia di Arab Saudi mencapai 665.552 jiwa. Populasi itu terbanyak kedua setelah warga Indonesia di Malaysia (1,3 juta jiwa).

Sekitar 93% WNI di luar negeri adalah tenaga kerja Indonesia (TKI). Keberadaan mereka juga memantik bisnis ikan konsumsi seperti patin dan lele. Sayangnya, saat ini pasokan patin dan lele ke Timur Tengah berasal dari Vietnam, Thailand, dan Malaysia.

Menurut Samiono Abdullah, M.B.A., Direktur CV Wahana Sejahtera Foods Jombang, Jawa Timur, ceruk pasar patin dan lele ke Arab Saudi sejatinya lebih besar. Pasalnya umrah dan haji membuat permintaan kedua komoditas itu meningkat.

Permintaan melambung hingga 100% saat musim haji atau Idul Adha. Samiono mengatakan potensi kedatangan jamaah haji pada 1444 H atau tahun 2023 mencapai 221.000 jamaah dan 2 juta jamaah umrah.

“Prediksi permintaan patin untuk memenuhi permintaan haji dan umrah mencapai 530 ton per tahun dan lele mencapai 132 ton per tahun,” ujar Samiono.

Hal itu tentu menjadi potensi pasar baru yang makin tinggi. Kondisi itu merupakan potensi pasar yang sangat besar. Pembudidaya patin dan lele di Indonesia bisa mengisi ceruk pasar itu.

Menurut data dari Asosiasi Pengusaha Catfish Indonesia (APCI), produksi lele nasional pada 2021 mencapai 364.700 ton dan patin 324.000 ton. Produksi itu sejatinya cukup jika mengalokasikan sebagian produksi untuk mengisi ceruk pasar baru.

Ceruk pasar baru itu bisa diartikan seperti bertambahnya kanal penjualan sehingga memicu industri budidaya ikan khususnya patin dan lele menjadi kian langgeng. Sejatinya konsumen lele dan patin di Arab Saudi bukan hanya warga Indonesia.

“Bahkan, masyarakat setempat atau warga Arab Saudi juga gemar mengonsumsi olahan lele dan patin,” papar Samiono. Masyarakat setempat familiar dengan cita rasa patin dan lele. Masakan patin menjadi menu pilihan restoran di Arab Saudi.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Panen Cuan dari Berbisnis Domba Menjelang Hari Raya Idul Adha

Trubus.id—Peternak asal Desa Lampeji, Kecamatan Mumbulsari, Kabupaten Jember Provinsi Jawa Timur, Mohammad Huda Khairon dapat menjual 4.000 domba menjelang...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img