Monday, April 15, 2024

Penampilan Aduhai Durian Lokal Tegalombo

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id—Potensi durian dari Desa Tegalombo terbukti dari bermunculannya durian lokal milik masyarakat setempat. Durian naga emas milik Kasnari misalnya berpenampilan aduhai.  Daging buah durian kuning cerah serupa namanya, tekstur daging buah lembut dan creamy.

Rasa durian naga emas manis mencapai 42,4obrix, cocok bagi pehobi durian pemula. Selain itu tidak semua biji besar. Ada juga yang kempis. Durian naga emas berbobot sekitar 2 kg dengan warna kulit buah hijau.

Keunggulan naga emas juga terbukti dari gelar juara 1 pada Festival Durian Tegalombo pada Januari 2024 lalu. Kasnari menuturkan durian naga emas berasal dari pohon berumur 15—20 tahun.

“Pohon naga emas cukup produktif meskipun berusia belun terlalu tua,” tutur Kasnari. Sepanjang 2023, pohon naga emas menghasilkan 100 buah. Menurut Kasnari pemberian nutrisi yang cukup dan tepat kunci mendapatkan durian naga emas berkualitas.

Kasnari menaburkan 2 kg pupuk NPK 15:9:20 bersama 25 kg pupuk kandang kambing terfermentasi setiap 3—4 bulan. Kasnari juga rutin membuang tunas air, ranting yang terlalu padat, dan tunas-tunas rusak.

Pantas saja naga emas selalu berbuah nikmat bahkan pada buah jatuhan pertama. Tidak hanya durian naga emas Tegalombo juga  mempunyai durian lokal bernama queen eza milik Kusnan.  Daging buah queen eza berwarna kuning cenderung putih. Tekstur durian berbobot 2 kg itu lembut tanpa serat.

Cita rasa queen eza manis dengan sedikit sensasi pahit. Tingkat kemanisan queen eza sekitar 33,8°briks. Queen eza berasal dari pohon berumur lebih dari 50 tahun setinggi 30 m dengan produksi 100—150 buah per tahun.

Kusnan juga memberi perawatan seperti pemupukan. Kiat pemupukan durian dari Kusnan dan pekebun lainnya tersaji pada pada Majalah Trubus Edisi 651 Februari 2024. Majalah Trubus mengupas tuntas Bisnis Besar Ekspor Durian. Dapatkan Majalah Trubus Edisi 651 Februari 2024 di Trubus Online Shop atau hubungi WhatsApp admin pemasaran Majalah Trubus.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Sensasi Rasa Pir pada Durian Kawe

Trubus.id—Indonesia memiliki ragam durian lokal yang tak kalah enak. Salah satunya durian kawe dari Kabupaten Batang, Provinsi Jawa Tengah....
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img