Tuesday, February 27, 2024

Perawatan Kucing Angora agar Tetap Sehat dan Tampil Memesona

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id — Perawatan setiap jenis kucing memiliki perbedaan dan tantangan masing-masing. Seperti halnya perawatan kucing angora yang memiliki tingkat perawatan gampang-gampang susah. Oleh karena itu, pehobi harus paham betul terkait perawatan yang tepat pada kucing angora.

Agar tumbuh sehat

Angora butuh perawatan yang baik agar tumbuh sehat dengan bulu menawan. Berikan obat cacing setiap 3 bulan sekali. Mandikan dan potong kukunya setiap 2 minggu. Lakukan vaksinasi distemper setahun sekali.

Pakan bergizi

Menu utama kucing ras berupa pakan kering. Pakan basah disajikan hanya sebagai pakan ekstra. Berikan pakan yang mengandung gizi seimbang. Beragam merek dan bentuk pakan untuk kucing dijual di pet shop. Perhatikan crude protein yang ada di kemasan. Ada yang berkisar 26–28 persen dan 30–34 persen. Biasanya, semakin tinggi persentase protein, harga catfood pun mahal.

Mandikan dengan tepat

Lantaran berbulu semi longhair, Anda bisa memandikannya dengan ramuan berikut. Ambil 1 sendok makan sampo kucing atau bayi, lalu campur dengan 1 batang lidah buaya dan 7 lembar daun sirih yang sudah diblender. Masukkan campuran itu ke 400 ml air.

Rutin cek kesehatan

Untuk menjaga agar kucing angora tetap sehat, Anda dapat berkonsultasi setiap 3 bulan sekali. Namun, bila kondisinya memburuk, segera bawa ke dokter hewan langganan.

Waspada serangan penyakit

Ada beberapa penyakit yang perlu diwaspadai karena bisa menular ke manusia, yakni toksoplasma, ringworm, dan rabies. Untuk mencegah agar tidak terserang penyakit itu, antisipasi dengan memberikan perawatan yang baik. Hindari memberi daging mentah. Sebaiknya, daging dipanggang atau dikukus selama 5 menit sebelum diberikan pada kucing.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Konsumsi Jamur dari Hasil Budidaya Organik

Trubus.id— Prinsip dasar pertanian atau budidaya jamur organik memang meminimalkan penggunaan bahan dari luar lingkungan seperti penambahan zat tumbuh...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img