Thursday, July 25, 2024

Potret Pasar Permintaan Bibit Anggur

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id—Bisnis penjualan bibit anggur masih menjanjikan. Itu terbukti dari yang dialami, Bagus Harianto, pengelola penangkaran anggur Lapak Bibit di Cibinong, Kabupaten Bogor, yang mampu menjual sekitar 400 bibit anggur per bulan.

Menurut Bagus sebetulnya permintaan bibit stabil dibandingkan dengan sebelum pandemi. Namun, para penangkar anggur sebelumnya memperkirakan permintaan menurun gara-gara mewabahnya virus Covid-19.

Tak disangka permintaan bibit anggur stabil saat pandemi hingga sekarang. Bahkan ada beberapa pekebun yang penjualan bibit anggurnya justru meningkat saat pandemi hingga sekarang. Contohnya yang dialami oleh Danang Priyatmoko.

“Perkembangannya bagus dan pesat,” kata pria asal Kecamatan Bambanglipuro, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, itu.

Penangkar bibit anggur sejak 2016 itu menjual 300—700 bibit per bulan. Dengan penjualan sebanyak itu, ia memperoleh omzet Rp40 juta—Rp100 juta per bulan. Pembeli bibit anggur kebanyakan pehobi baru.

Sejak awal pandemi banyak orang yang tinggal di rumah dan mereka mencari aktivitas dengan berkebun. Anggur menjadi pilihan karena tidak perlu lahan luas. Menurut Danang Priyatmoko, dengan satu pot anggur pun orang bisa berkebun dan menghasilkan buah.

Harga bibit anggur bervariasi. “Saya menjual bibit dengan harga Rp125.000—Rp200.000 per bibit tergantung jenis dan ukuran,” ujar Danang.

Biasanya pemilik Jogja Anggur itu menjual bibit setinggi 60 cm. Varietas anggur yang banyak dikembangkan seperti jupiter, ninel, trans, baykonur, academic, angelica, livia, taldun, sansekerta, dan heliodor.

“Di tempat kami yang best seller yaitu tamaki, smile, donesky, montidor, jupiter, grandprix, dan kupidon,” kata Danang. Menurut Danang yang penting karakter pilihan pehobi pemula adalah genjah, mudah berbuah, enak, dan ukuran buah cukup besar.  

Selain itu yang juga tak kalah penting adalah pelayanan konsumen setelah penjualan. Misalnya konsumen yang membeli 2 bibit akan mendapatkan sekali pelatihan merawat anggur secara gratis.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Kelapa Genjah Merah Bali, Eksotis dan Produktif

Trubus.id—Kelapa genjah merah bali merupakan kelapa baru yang eksotis dan produktif. Secara umum berbunga pada umur 2—2,5 tahun dan...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img