Monday, April 15, 2024

Resep Herbal Wasir

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id—Wasir terjadi akibat pembuluh vena di sekitar otot anus melebar dan membesar. Akibatnya muncul tonjolan berwarna merah kebiruan di anus, yang dijuluki hemoroid oleh dunia medis. Salah satu herbal wasir yakni temumangga.

Peneliti temumangga di Jurusan Teknologi Pangan Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Profesor Dwiyati Pujimulyani, M.P., menyatakan temumangga mengandung senyawa kurkumin, kuersetin, katekin, epikatekin, dan epikatekin galat.

Semua kandungan itu bersifat antioksidan kuat. Lantaran wasir merupakan peradangan akibat oksidasi oleh radikal bebas, zat antioksidan mampu menghambat dan memperbaikinya. Antioksidan dalam temumangga memperbaiki jaringan yang meradang sehingga pulih dari kerusakan dan berfungsi normal.

Oksidasi terjadi lantaran pertambahan usia dan pola hidup yang kurang sehat. Untuk mengatasi hal itu, perlu asupan makanan tinggi antioksidan dan perbaikan pola hidup, terutama kebiasaan mengonsumsi makanan.

Herbalis di kebun herbal Taman Sringanis, Kota Bogor, Jawa Barat, Sapto Waluyo menjelaskan temumangga merupakan rimpang tanaman yang berkhasiat antiracun, penurun panas, penguat rahim, dan memperbaiki fungsi organ limpa yang mengontrol kinerja otot seluruh tubuh.

Kondisi limpa yang baik mengoptimalkan kinerja otot tubuh, termasuk wasir yang terjadi salah satunya akibat melemahnya otot rektum atau anus. Untuk mengonsumsi rimpang temumangga, bersihkan lalu langsung dimakan.

“Rasanya hanya sepat, tidak pahit ataupun beraroma menyengat. Konsumsi cukup sepotong rimpang seukuran satu ruas jari pada pagi dan sore hari,” kata Sapto.  Selain temumangga, Sapto menyarankan herbal wasir lain seperti daun wungu atau handeuleum Graptophyllum pictum untuk mengatasi wasir.

Rebus 5 lembar daun handeuleum dalam 3—4 gelas air sampai tinggal separuh. Konsumsi selagi hangat pada pagi dan sore hari. Menurut Sapto, pemicu wasir antara lain kurang konsumsi serat, terlalu banyak makanan pedas, sering menahan buang air besar, ataupun panas dalam.

Untuk mengatasi panas dalam, konsumsi lidah buaya berukuran besar yang diolah menjadi cendol. Kupas kulit lidah buaya berukuran setelapak tangan, bersihkan lendirnya dengan kapur sirih atau garam, lalu rebus hingga matang.

Setelah dingin, bisa dikonsumsi dengan menambahkan gula yang dicairkan sebagai pemanis. Konsumsi temumangga terbukti dapat menyembuhkan wasir seperti yang diderita Sunarto. Tiga bulan sejak konsumsi kapsul temumangga, Sunarto memeriksakan diri ke dokter.

Tidak hanya wasirnya dinyatakan sembuh, kadar kolesterol dan trigliserida pun normal sehingga itu dapat kembali bertani dan berkebun dengan nyaman.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Sensasi Rasa Pir pada Durian Kawe

Trubus.id—Indonesia memiliki ragam durian lokal yang tak kalah enak. Salah satunya durian kawe dari Kabupaten Batang, Provinsi Jawa Tengah....
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img