Sunday, June 16, 2024

Serif Manis Asal Solok

Rekomendasi
- Advertisement -

Serif saga agrihorti varietas unggul baru berdaging merah dan manis.

Semangka berdaging merah menyala itu bernama serif saga. Serif merupakan singkatan dari kata Semangka RIF (Research Institute for Fruit). Sementara saga melambangkan warna daging yang merah serupa kulit saga Adenanthera pavonina. Ukuran buah serif saga relatif besar dengan bobot 7—8 kg. Daging buah semangka pendatang baru itu berkadar kemanisan 11 °briks.

Serif saga merupakan jenis varietas semangka komposit. Artinya pekebun hanya perlu membeli benih sekali. Selanjutnya mereka bisa membuat benih sendiri tanpa cemas terjadi perubahan sifat akibat segregasi pada penanaman musim berikutnya. Bisa dibilang, serif saga agrihorti adalah satu-satunya varietas semangka yang berstatus domain publik. Hal itu karena serif saga agrihorti merupakan satu-satunya varietas semangka bukan hibrida yang dirilis Kementerian Pertanian RI (Kementan RI).

Keras

Kehadiran varietas semangka komposit tentu saja menguntungkan pekebun. Sebab, biaya untuk membeli benih berkurang. Namun, pekebun harus cermat jika ingin memproduksi benih. Penanaman serif saga selayaknya terpisah dengan varietas lain. Dengan begitu kemurnian benih serif saga agrihorti terjaga. Pekebun harus memastikan dalam jarak minimal 500 m tidak terdapat semangka varietas lain.

Serif saga merupakan varietas komposit sehingga pekebun bisa memproduksi benih sendiri.

Jika ada varietas lain yang ditanam pada lahan yang berdekatan dengan lahan yang digunakan untuk produksi benih serif saga maka pekebun perlu membantu penyerbukan tanaman. Pekebun juga harus segera menyungkup bunga betina yang telah terserbuki. Tujuannya agar bunga tidak terkontaminasi serbuk sari dari varietas lain yang terbawa oleh angin maupun serangga.

Yang juga perlu diperhatikan, kulit biji serif saga keras dan tebal sehingga air sulit menembus selama proses perendaman benih. Akibatnya, proses imbibisi atau penyerapan air ke dalam rongga jaringan melalui pori-pori secara pasif—pun terhambat. Benih serif saga baru mengalami imbibisi sempurna setelah tiga hari. Hal itu berbeda dengan benih semangka hibrida yang mampu melakukan imbibisi dengan waktu perendaman kurang dari 12 jam.

Benih serif saga yang melakukan imbibisi juga susah berkecambah karena plumula alias bakal calon batang maupun radikula alias calon akar tidak mampu menembus kulit biji. Namun, pekebun jangan khawatir sebab kulit keras benih serif saga bisa diatasi dengan metode khusus. Caranya mudah. Pecahkan kulit pada bagian ujung benih menggunakan gunting kuku tanpa melukai embrio. Bisa juga dengan menggunakan gigi layaknya makan kuaci.

Setelah kulit benih berhasil dipecahkan segera rendam benih di dalam air bersih selama 12 jam. Tiriskan benih yang tenggelam lalu bungkus menggunakan kertas tisu. Gulung tisu dan masukkan ke dalam kantung plastik ukuran 1 kg. Tiup dan ikat dengan karet gelang. Letakkan di ruangan yang mendapat cukup cahaya selama 24 jam. Setelah dua hari benih sudah berkecambah. Selanjutnya, calon tanaman baru itu siap dipindah ke lapang maupun polibag.

Teruji

Lahirnya serif saga agrihorti bermula pada 2000. Ketika itu para pemulia menyilangkan dan menyeleksi beberapa varietas unggul semangka yang beredar. Salah satu hasil persilangan dua hibrida terpilih itu merupakan hasil persilangan varietas tubtim (Tb) dengan sun gold (SG). Pemulia lalu memurnikan hasil silangan kedua tetua hibrida itu dengan cara diselfing sampai enam generasi, sambil terus diseleksi. Hasil persilangan Tb dengan SG selanjutnya diberi nama semangka BT-1 (Balitbu Tropika-1).

Ukuran buah serif saga agrihorti relatif besar dengan bobot 7—8 kg.

Penelitian semangka sempat terhenti selama beberapa tahun karena semangka bukan merupakan komoditas unggulan yang ditangani Balitbu Tropika sehingga tidak tersedia dana yang cukup untuk menguji multilokasi. Uji multilokasi galur murni BT-1 dimulai pada 2009. Lokasi uji tersebar di sejumlah provinsi seperti Sumatera Barat (Solok dan Padangpariaman), Jawa Barat (Subang), Riau (Pekanbaru), dan Jawa Timur (Banyuwangi).

Uji adaptasi itu berlangsung pada 2009—2010. Pada 2014 dalam rangka melengkapi naskah pendaftaran varietas, galur semangka BT1 berganti nama menjadi serif saga agrihorti. Masyarakat rupanya menyambut antusias kehadiran serif saga agrihorti. Itu terbukti dari permintaan benih yang kain meningkat. Penanaman serif saga agrihorti sudah merambah ke Provinsi Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan.

Baru-baru ini tingkat kemanisan buah anggota famili Cucurbitaceae itu bahkan mampu mencapai 15—17 °briks dengan aplikasi pupuk majemuk yang mengandung unsur hara mikro berupa Zn pada fase generatif. (Kuswandi, S.P., M.Si., peneliti muda di Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika Solok, Sumatera Barat)

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Berniaga Bibit Buah Naga, Pekebun di Subang dapat Cuan Puluhan juta

Trubus.id—Dedi Sumardi selalu kebanjiran pesanan ribuan bibit buah naga. Total sekitar 2.480 batang bibit yang terjual dalam sebulan.  Ia...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img