Thursday, February 9, 2023

Strategi Kementan dalam Pengembangan Vanili untuk Tingkatkan Ekspor

Rekomendasi

Trubus.id — Kementerian Pertanian melalui Ditjen Perkebunan melakukan kunjungan ke Dinas Potensi Maritim Angkatan Laut (Dispotmaral) TNI AL. Kunjungan itu dalam rangka menyerahkan bantuan benih vanili sebanyak 2.000 batang.

Ronald Evan Zigler, Koordinator Tanaman Rempah dan Semusim, Ditjen Perkebunan, mengatakan, benih vanili berasal dari Balai Penelitian Obat dan Rempah, Bogor. Adapun jenis varietasnya adalah Vania 1 dan Vania 2.

Lebih lanjut, menurut Ronald, kegiatan ini diselenggarakan demi mendukung rencana Pembangunan Jangka Pendek Menengah Nasional 2020–2024 mengenai Pengembangan Sektor Komoditas Unggulan Daerah, Diversifikasi Ekspor dan Stabilitasi Eksternal dan Rencana Strategis Kementerian Pertanian 2020–2024.

Adapun Ardi Praptono, Direktur Tanaman Semusim dan Rempah, Ditjen Perkebunan mengatakan, Kementerian Pertanian melalui Ditjen Perkebunan terus menggiatkan sinergi dan kolaborasi dengan TNI Angkatan Laut dalam Program Vanili Jalesveva Jayamahe.

Melansir dari laman Direktorat Jenderal Perkebunan, sinergi itu berupa pembentukan skema kerja sama dalam pengembangan Vanili Jalesveva Jayamahe melalui penyediaan benih vanili bersertifikat sebanyak 10.000 batang.

Menurutnya, untuk pengembangan vanili ini perlu komitmen yang kuat dan keterlibatan semua pihak terkait sehingga pengembangan vanili dapat tepat guna dan sesuai ketentuan yang berlaku.

“Ke depan diharapkan dengan adanya sinergi dan kolaborasi ini dapat meningkatkan pengembangan vanili, baik kuantitas maupun kualitas vanili yang bernilai tambah dan berdaya saing,” jelasnya.

Selain itu, diharapkan juga dengan bersinergi, ketersediaan atau beredarnya benih vanili bersertifikat dapat terpenuhi. Tentu semua itu sebagai upaya untuk meningkatkan nilai ekspor vanili.

Saat kunjungan lapang, diketahui bahwa Dispotmaral TNI AL telah menanam vanili sebanyak 400 batang, saat ini tanaman vanili berumur 6 bulan. Menurut Kadis Dispotmaral, Laksamana Pertama TNI, Suradi Agung Slamet, kebun vanili tersebut nantinya akan dimanfaatkan sebagai benih sumber vanili.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Meybi Kantongi Omzet Rp75 Juta Sebulan dari Daun Kelor

Trubus.id — Daun moringa alias kelor bagi sebagian orang identik dengan mistis. Namun, bagi Meybi Agnesya Neolaka Lomanledo, daun...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img