Wednesday, September 28, 2022

Tanggapan Ahli tentang Tiga Jenis Durian Berharga Mahal

Rekomendasi

Trubus.id — Setidaknya, ada tiga jenis durian yang memiliki harga jual mahal antara lain durian bawor, musang king, dan ochee. Bayangkan saja, harga durian-durian itu bisa mencapai Rp1 juta–Rp2 juta per buah.

Dr. Iwan Setiawan, Dosen Agribisnis Universitas Padjadjaran, mengatakan, harga durian yang mahal sah-sah saja dalam sistem bisnis. Idealnya, pemasaran durian langsung oleh komunitas petani, baik luring maupun daring. Tujuannya agar rantai pasok menjadi pendek, bahkan langsung ke konsumen.

Untuk menentukan keunggulan sebuah durian bisa dilihat dari rasa, bagian yang dapat dimakan, dan produktivitas.

Sementara itu, Dr. Mohamad Reza Tirtawinata, ahli durian di Kota Bogor, Jawa Barat, mengatakan, harga jual durian yang tinggi menarik pekebun baru untuk membudidayakan durian.

Selain harga, menurutnya ketiga jenis durian itu—musang king, ochee, dan bawor—memiliki cita rasa sesuai preferensi konsumen. Konsumen durian menghendaki cita rasa manis, gurih dan sedikit pahit, serta berdaging buah kuning.

Menurutnya, meskipun ketiga durian itu dinilai unggul, bukan berarti tanpa kelemahan. Namun, kerap kali orang tutup mata karena harganya yang tinggi. Sekadar contoh, musang king, harus segera dinikmati begitu buah jatuh. Batas waktu hanya 24 jam.

“Bayangkan jika petani mengelola lahan skala luas, dalam 24 jam harus bisa memasarkan buah,” kata Reza.

Jika dalam 24 jam belum dinikmati, rasa musang king cenderung hambar. Namun, kelemahan itu bisa teratasi dengan cara pembekuan seperti dilakukan Malaysia. Sayangnya, yang bisa melakukan itu bukan petani, tetapi investor.

Durian ochee relatif tahan lama, hingga 3 hari sejak jatuh. Selain itu, bagian yang dapat dimakan (edible portion) juga relatif kecil, antara 25–30%. Menurut Reza bagian yang dimakan dari durian ochee hanya 25%, musang king 27%, dan bawor 30%. Harap mafhum, kulit durian ochee sangat tebal dan empulur di bagian tengah juga relatif besar.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Cara Menghasilkan Silangan Palem yang Cantik

Trubus.id — Greg Hambali sangat hobi menyilangkan palem. Saking hobinya menyilangkan tanaman palem, Greg mendapatkan hasil silangan terbaru yang...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img