Sunday, May 19, 2024

Tidak Tahan Bau Bawang Putih? Aneka Olahan Bawang Putih Alternatifnya

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id—Bawang putih tinggi kadar vitamin C, seng, dan kalsium. Menurut dokter di Yogyakarta, dr. Sidi Aritjahja bawang putih mengandung senyawa sulfide lainnya seperti aliin dan alicin untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Ia menyarankan konsumsi bawang putih secara berkala bisa 1—2 siung per hari. Menurut Sidi konsumsi bawang putih sebaiknya berdekatan dengan waktu makan. Tujuannya agar rangsang pengeluaran asam lambung dapat dikendalikan.

Mengonsumsi bawang putih saat perut kosong merangsang lambung memproduksi asam lambung berlebih sehingga bisa menyebabkan nyeri dan mual. Namun tidak semua orang tahan dengan aroma bawang putih.

Bagi yang tidak tahan aroma kuat bawang putih bisa mencoba bawang hitam. Bawang hitam adalah bawang putih yang mengalami proses pemanasan pada suhu konstan dengan waktu 3 pekan hingga berbulan-bulan sehingga warna umbi berubah hitam.

Kadar polifenol dan flavonoid pada bawang hitam mencapai 58 mg GAE/g dan 15 mg RE/g. Sementara bawang putih hanya 13 mg GAE/g dan 3 mg RE/g. Namun, bawang hitam memiliki pH lebih asam dibandingkan dengan bawang putih.

Nilai pH bawang hitam mencapai 4 (asam) sementara bawang putih 6 (agak netral), sehingga perlu memperhatikan kondisi lambung jika hendak mengonsumsinya rutin. Cara lain konsumsi bawang putih dengan fermentasi dengan madu.

Membuatnya relatif mudah, hanya merendam kupasan bawang putih dalam larutan madu. Perbandingannya 1:1,5. Artinya jika bawang putih 100 gram maka madu yang dibutuhkan 150 gram. Makin baik kualitas madu, khasiatnya makin bagus.

Lama fermentasi minimal 1 bulan. Wadah yang digunakan bisa kaca atau plastik dengan penutup rapat. Adhie membuka tutup wadah dan mengaduk setiap hari sekali pada masa awal fermentasi. Saat fermentasi meninbulkan gas.

Herbalis di Bandarlampung, Lampung, Laksono Adi Muladhi, menganjurkan konsumsi fermentasi bawang madu 2 butir per hari untuk meningkatkan kekebalan tubuh.  Bisa dua siung dan 2 sendok makan dan madu fermentasi sebelum tidur.

“Masing-masing1 siung dan 1 sendok makan madu fermentasi pada pagi hari dan sebelum tidur,” katanya. Namun Adhie tidak menyarankan ibu hamil mengonsumsi fermentasi bawang madu. Sebab, khawatir panas herba karena fermentasi mengganggu janin.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Tiga Pilihan Mengolah Biji Ketumbar Praktis  

Trubus.id–Ketumbar berpotensi sebagai penurun gula darah. Hal itu sesuai peneliti di Laboratorium Farmakologi dan Toksikologi, Fakultas Farmasi Universitas Gadjah...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img