Monday, August 15, 2022

Cegah Serangan Virus Zika

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

konsumsi sambiloto atau jahe merah untuk menangkal virus zika.

Binder1.pdfHampir 150 kelahiran dengan cacat otak bawaan mikrosefali terjadi di Brasil selama 2014. Bayi dengan cacat otak bawaan mikrosefali mempunyai ukuran kepala lebih kecil daripada bayi umumnya karena kepala dan otak tidak berkembang dengan baik. Janin dengan kondisi seperti itu kebanyakan akan mengalami keguguran dan sebagian lainnya meninggal selama kelahiran atau segera setelah kelahiran.

Mereka yang bertahan hidup cenderung menderita masalah perkembangan dan kesehatan. Meski mekanisme pengaruh virus terhadap kerusakan otak bawaan belum jelas diketahui, otoritas setempat menghubungkan peningkatan mencolok mikrosefali itu dengan wabah virus zika. Pernyataan itu diperkuat oleh pakar patologi dari Brizilian Society of Pathology yang mengklaim menemukan virus zika dalam jaringan otak bayi yang mengalami mikrosefali.

Gejala zika

Direktur jenderal Badan Kesehatan Dunia WHO Margaret Chan juga tidak berani langsung menghubungkan kasus mikrosefali dengan virus zika. Ia hanya menyebutkan bahwa meskipun belum ditemukan hubungan sebab akibat antara infeksi zika pada kehamilan dengan mikrosefali, bukti-bukti yang ada sangat mengkhawatirkan. Jika benar virus zika penyebabnya, seluruh dunia harus waspada. Virus zika masih berkerabat dengan virus penyebab demam berdarah dengue dan cikungunya.

dr Primal Sudjana SpPD-KPTI, dokter spesialis penyakit dalam Rumah Sakit Hasan Sadikin, Bandung.
dr Primal Sudjana SpPD-KPTI, dokter spesialis penyakit dalam Rumah Sakit Hasan Sadikin, Bandung.

Vektor penyebarannya juga nyamuk Aedes aegepty. Zika muncul pertama pada kera rhesus di Uganda pada 1947. Sepuluh tahun kemudian virus ditemukan dalam tubuh manusia di Uganda dan Tanzania. Gejala serangan zika juga mirip dengan demam dengue dan cikungunya. Menurut dr Primal Sudjana Sp PD-KPTI, dokter spesialis penyakit dalam Rumah Sakit Hasan Sadikin, Bandung, gejala awal zika antara lain demam ringan, sakit kepala, dan rasa pegal di seluruh badan.

Gejala lain, muncul ruam di badan dan anggota gerak, serta mata merah seperti ada radang di bagian mata. Namun gejala itu tidak separah demam dengue yang mencapai panas tinggi atau cikungunya yang kesulitan bergerak akibat sendi yang nyeri. Sejatinya di Indonesia zika bukan hal baru. Lembaga riset biologi molekuler Eijkman di Jakarta mencatat adanya kasus zika di Klaten, Jawa Tengah, pada 1981 dan di Lombok, Nusa Tenggara Barat, pada 1983.

Kasus zika kembali muncul saat terjadi kejadian luar biasa wabah demam berdarah dengue di Jambi pada semester pertama 2015. Dari 200 sampel darah pasien ditemukan 1 sampel yang positif terinfeksi zika. Kemunculan zika diketahui setelah ada pemeriksaan lanjut pada sampel pasien dengue tetapi tidak ditemukan adanya virus penyebab demam berdarah dengue. Menurut dr Primal, zika tidak terlalu berbahaya. Biasanya hanya gejala ringan yang dalam 7 hari akan sembuh sendiri.

“Demam akibat zika dapat diatasi dengan obat penurun panas biasa seperti paracetamol,” kata Primal. Herbalis di Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten, Lukas Tersono Adi, pun menyatakan hal yang sama. Menurut Lukas zika merupakan penyakit yang tidak berat seperti malaria ataupun demam berdarah.

Jaga kebersihan

Aedes aegepty merupakan inang perantara virus zika.
Aedes aegepty merupakan inang perantara virus zika.

Pengamatan Lukas di beberapa fasilitas kesehatan tidak menemukan perlakuan khusus bagi pasien zika. Itu berbeda dengan penderita demam berdarah yang mendapat prioritas pengobatan segera. “Tingkat Puskesmas pun mampu menangani pasien zika,” kata alumnus Universitas Diponegoro itu. Sampai kini gejala infeksi zika di Indonesia diketahui hanya menimbulkan demam, sakit kepala, nyeri sendi, mata merah dan munculnya ruam.

Tanda-tanda itu merupakan tanda bahwa tubuh sedang terinfeksi virus. Virus menginfeksi tubuh manusia dan berkembang ketika sistem imun sedang lemah atau kesehatan menurun sehingga sistem antibodi dalam tubuh berkurang. Masa itu disebut periode inkubasi, yaitu masa antara penyebab penyakit masuk sampai dengan gejala penyakit muncul.

Gejala penyakit muncul merupakan ketika virus menginfeksi tubuh. Masa inkubasi zika 7—10 hari. Bila kondisi tubuh menunjukkan gejala demam, tingkatkan kekebalan tubuh dengan mengonsumsi bahan pangan kaya vitamin dan herbal untuk meregenerasi sel yang rusak. Lukas menyarankan konsumsi pegagan dan sambiloto. Kedua tanaman herbal itu sangat bermanfaat memperbaiki dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Herbal itu juga memperbaiki dan menguatkan pembuluh darah agar tidak pecah dan terjadi pendarahan dalam kulit. Ruam-ruam yang muncul pada gejala infeksi zika disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah. Selain menguatkan pembuluh darah, sambiloto juga dapat berkhasiat sebagai antivirus bagi zika. Bila sudah membaik, segera konsumsi seduhan jahe merah yang bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah. “Setelah berkeringat badan akan terasa ringan,” kata Lukas.

Jahe merah dapat memperlancar peredaran darah.
Jahe merah dapat memperlancar peredaran darah.

Adapun dr Zaenal Gani, herbalis dari Kota Batu, Provinsi Jawa Timur, menyarankan penggunaan minyak kelapa murni atau virgin coconut oil (VCO) untuk mengatasi virus. Menurut Zaenal, saat dikonsumsi trigliserida akan berubah menjadi monogliserida atau monolaurin yang merupakan pelarut kuat yang mampu melarutkan selubung lemak pada virus atau bakteri sehingga akan lisis atau pecah dan mati. Sementara bagi tubuh penderita, VCO akan menaikkan daya tahan tubuh.

Bagi orang dewasa, zika tidak menjadi persoalan. Namun, wanita hamil mesti lebih berhati-hati karena ada indikasi pengaruh zika terhadap bayi. Oleh karena itu untuk menjaga tubuh diharapkan untuk memperbanyak konsumsi buah atau sayuran dan herbal seperti VCO, pegagan, sambiloto dan, jahe merah. Jenis-jenis herbal itu juga aman untuk janin dalam kandungan.

Lukas Tersono Adi sarankan konsumsi jahe merah utuk mencegah zika.
Lukas Tersono Adi sarankan konsumsi jahe merah utuk mencegah zika.

Namun, Lukas mengatakan wanita hamil hanya boleh mengonsumsi herbal tersebut setelah trimester pertama kehamilan.

Pencegahan penyebaran zika paling efektif adalah memutus daur hidup dengan cara memberantas nyamuk khususnya Aedes aegepty yang berperan sebagai inang perantara virus. Dr Primal mengingatkan pemberantasan sarang nyamuk dengan cara 3M, yaitu menguras tempat penampungan air dengan menyikat sampai bersih agar telur nyamuk yang menempel di dinding tidak sempat berkembang biak, menutup tempat penampungan air agar nyamuk tidak bertelur di penampungan air, dan mengubur barang bekas yang dapat menampung air.

Selain itu juga dapat menggunakan bubuk abate untuk mematikan telur dan jentik nyamuk yang berada di kolam penampungan air. Menurut dr Primal pengasapan atau fogging kurang efektif memberantas nyamuk sebab hanya mematikan nyamuk dewasa, nyamuk yang masih dalam fase larva di dalam air tidak akan mati. ”Nyamuk mampu terbang hingga 150 m untuk menghindari pengasapan,” kata dr Primal.

Untuk mewaspadai agar tidak terinfeksi zika sebaiknya hindari daerah atau negara yang sedang terjangkit virus zika. Terlebih lagi bagi perempuan yang sedang hamil karena berisiko tinggi pada janin. Bila menderita demam atau muncul gejala terutama setelah bepergian dari daerah epidemi zika, segera datangi fasilitas kesehatan untuk memeriksakan diri agar mendapat perawatan lebih lanjut. (Muhammad Awaluddin)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img