Monday, November 28, 2022

Hitung Laba Kristal

Rekomendasi

Dari luasan 1.000 m2 budidaya jambu kristal memberikan keuntungan bersih mencapai Rp3.646.667 per bulanRakhmad Hardiyanto (28 tahun) patuh pada saran ayah mertua, Imam Ghazali, untuk mengebunkan 100 bibit jambu kristal di lahan 1.000 m2.  Jadilah alumnus Fakultas Teknik Universitas Brawijaya itu menjadi pekebun jambu sejak 2008. Dalam sepekan ia bisa panen          100 kg jambu kristal dan menjualnya Rp11.000 per kg. “Sebenarnya permintaan juga datang dari Jakarta tapi kami belum mampu memenuhi karena permintaan lokal saja mencapai 2—3 kuintal per minggu,” kata Rakhmad Hardiyanto.

Dari lahan kecil itu, Rakhmad memperoleh keuntungan Rp 3.646.667. Produktivitas tinggi menjadi alasan para pekebun membudidayakan Psidium guajava. Keunggulan itu pun membuat Rakhmad getol mengembangkan komoditas jambu kristal. Kini sudah ada 20 petani binaan dengan populasi 1.800 pohon di Desa Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur, ikut mencecap manisnya untung budidaya jambu kristal. (Nurul Aldha Mauliddina Siregar)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Robusta Rasa Kelapa

Trubus.id— “Kopi arabikanya enak.” Itulah yang kerap terucap dari para penikmat kopi ketika mencicipi kopi asal Desa Tamansari, Kecamatan...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img