Tuesday, July 23, 2024

Ide Bisnis Kafe Bernuansa Kebun yang Tengah Tren

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id — Kafe bernuansa kebun belakangan ini marak dicari untuk dikunjungi. Di tengah aktivitas padat perkotaan, masyarakat menginginkan suasana sejuk dan asri. Kafe dengan konsep kebun bisa menjadi pilihan. Bahkan, hal ini menjadi peluang bisnis yang juga sangat bagus.

Yogi Irfandi, seorang pengunjung, saat itu tengah asik menikmati senja jingga di sebuah kafe sembari menyeruput secangkir kopi yang disajikan oleh barista. Ia baru saja mengelilingi rumah tanam (greeenhouse) di kompleks kafe itu.

Pengelola kafe juga mengembangkan aneka sayuran secara hidroponik. Di sana ada aneka jenis selada, pakcoi, bayam, dan kangkung. Ada juga sayuran hidroponik yang ditanam secara vertikal. Di pinggir kafe juga terlihat deretan ember yang ditanami cabai rawit.

“Nongkrong sembari dikelilingi tanaman hidroponik dijamin menyejukkan mata,” kata Yogi.

Pantas bila sang pemilik kafe menamakannya Green House Kopi. Yogi menyukai kafe itu karena berkonsep luar ruangan (outdoor). Apalagi, kafe itu menawarkan makanan dan minuman sehat dari sayuran hidroponik. Pengunjung pun bisa membeli sayuran dengan cara memetik sendiri.

Menurut Manajer Green House Kopi, Abizar Bagas, hadirnya tempat ngopi ini bermula dari adanya Griya Hidroponik Cirebon. “Melihat lokasi yang nyaman dan sejuk, kenapa tidak dibuat tempat untuk nongkrong,” kata Abizar.

Nugrah bersama keponakannya yang lulusan Institut Pertanian Bogor (IPB) pun membangun Griya Hidroponik di Kedawung, Kota Cirebon, Jawa Barat. Ia menyulap lahan seluas 600 m2 menjadi produktif. Seluas 400 m2 untuk rumah tanam dengan kapasitas produksi 12.000 lubang tanam. Adapun 200 m2 sisanya dijadikan tempat pengembangan atau penelitian tanaman.

Anda bisa melihat kafe bernuansa kebun lain di Majalah Trubus Edisi 639 Februari 2023. Selain membahas beragam kafe bernuansa kebun yang tengah tren, Majalah Trubus Edisi 639 Februari 2023 juga mengupas tuntas terkait bisnis kopi robusta premium dari hulu hingga hilir. 

Anda bisa mendapatkan Majalah Trubus Edisi 639 Februari 2023 di Trubus Online Shop atau hubungi WhatsApp admin pemasaran Majalah Trubus.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Pakai IoT di Kebun Jeruk, Hasil Panen Optimal

Trubus.id—Penggunaan internet of things (IoT) untuk pertanian turut membantu meningkatkan hasil panen dan kualitas produk. Pekebun jeruk di...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img