Saturday, June 22, 2024

Kopi Berindikasi Geografis (IG) Bermutu Bagus Dan Bercita Rasa Istimewa

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id—Kopi tersertifikasi indikasi geografis (IG) bermutu bagus dan bercita rasa istimewa. Kopi arabika dari kebun H. Endang Syahrudin S.T., M.M., misalnya nikmat dan kaya rasa.  

Cita rasa khas nutty, vanila, greenish, dan flowery keluar saat kita mencicipi kopi itu. Jadi, wajar kopi itu mendapat skor 83,25—85,13 dari Specialty Coffee Association of America (SCAA).

“Kami bersyukur kopi kami berhasil mendapat predikat excellent,” tutur pekebun kopi di Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat, itu.

Cita rasa nikmat itu tak hanya muncul di kebun Endang, lebih dari 8.000 hektare kebun kopi di wilayah utara hingga barat laut Kabupaten Tasikmalaya berkualitas serupa. “Keunggulan wilayah kami karena memiliki tanah vulkanik dari gunung berapi aktif. Jadi, rasa kopi istimewa terutama tingkat keasamannya yang tinggi,” kata Endang.

Berkat keunggulan dan kekhasan kopi itu, Endang Bersama ribuan pekebun kopi lainnya mengajukan paten dengan nama Kopi Arabika Java Sukapura Tasikmalaya (KAJST). Mereka mendaftarkan ke Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) untuk mendapat sertifikat indikasi geografis (IG) pada 2020.

Total jenderal terdapat 50 kelompok tani yang tergabung dalam Perkumpulan Petani Perlindungan Indikasi Geografis (PPPIG). “Setiap kelompok terdapat 20—40 petani kopi,” kata ketua PPPIG itu.

Kopi KAJST tersebar di empat gunung dan sepuluh kecamatan yakni Gunung Cakrabuana di Kecamatan Pagerageung dan Gunung Karaha Bodas (Kecamatan Kadipaten, Ciawi, dan Sukahening).

Wilayah lain penanaman kopi KAJST yaitu Gunung Galunggung (Kecamatan Cisayong, Sukaratu, Padakembang, Leuwisari, dan Sariwangi) dan Gunung Karacak (Kecamatan Cigalontong). Secara umum kopi-kopi itu bercitarasa nutty, vanila, ginger, caramelly, fruity, spicy, dan brown sugar.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Berbisnis Olahan Bayam, Anak Muda Asal Tasikmalaya Raup Omzet Puluhan Juta

Trubus.id—Bayam tidak hanya menjadi sumber zat besi, tetapi juga bisa menjadi sumber cuan bagi  Filsya Khoirina Fildzah, S.Kep., Ners...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img