Sunday, July 21, 2024

Manfaat Jamu untuk Hewan Ternak

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id— Jamu bukan lagi hanya dikonsumsi manusia semata. Hewan pun banyak yang diberi jamu. Tujuannya sama dengan manusia, meningkatkan daya tahan tubuh. Misalnya saja, pemilik sapi karapan di Madura kerap memberikan jamu pada sapinya.

Sebulan sebelum tanding karapan, mereka rutin memberikan jamu untuk sapi, yang terdiri atas 20—25 butir telur, ditambah sari jahe 1 kg, dan kopi setengah kg. Tujuannya tentu saja agar sapi mampu berlari maksimal dan daya tahannya kuat saat lomba.

Pemberian telur untuk meningkatkan gizi sapi.  Selain itu, kopi dan jahe membuat tubuh sapi lebih segar. Juga berfungsi memanaskan tubuh, melarutkan lemak, agar sapi tidak terlalu gendut.

Tidak hanya untuk sapi, peternak ruminansia juga mengandalkan jamu untuk menggantikan obat-obatan farmasi. Seperti kunyit untuk menambah daya tahan ayam dan mengatasi berak darah.

Adapun untuk menghilangkan bau kotoran yang tidak sedap, peternak biasanya rajin meminumkan rebusan temulawak 2—3 kali per minggu.

Untuk mengobati cacingan, buah pinang bisa dipakai. Buah itu direbus lalu digerus. Satu sendok kecil gerusan diberikan ke ayam. Sedangkan untuk mencegah tetelo berikan ayam air rebusan daun pepaya 1/20 bagian dari berat ransum.

Sebenarnya jamu lebih merupakan makanan suplemen untuk hewan. Jadi sama dengan jamu manusia, apalagi bahan-bahannya pun sama. Bahan jamu hewan biasanya dari laos, sambiloto, cendana, daun pepaya, dan ditambahkan sulfur, serta bahan lain.

Laos berguna menstimulan syaraf, antibakteri, dan antijamur. Sambiloto untuk menambah nafsu makan, menjaga fungsi hati, dan meningkatkan daya tahan tubuh. Daun pepaya untuk memberantas cacing.

Secara umum, fungsi jamu adalah memperbaiki metabolisme tubuh sehingga sirkulasi udara jadi bagus. Tubuh pun siap menghadapi penyakit. Sebagai suplemen, ia tidak langsung melawan penyakit, tetapi mengkondisikan tubuh untuk melawan penyakit.

Dari penelitian, ternyata jamu hewan itu pun dapat meningkatkan air susu hewan dan menambah selera makan, melawan cacing, dan memberantas kudis.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

PFI dan Tanoto Foundation Luncurkan Buku Kolaborasi untuk Negeri

Trubus.id—Perhimpunan Filantropi Indonesia (PFI) bersama Tanoto Foundation dan Klaster Filantropi Pendidikan melalui  Philanthropy Thought Leaders (PTL) ke-15 menyelenggarakan peluncuran...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img