Thursday, February 9, 2023

Mengenal Lebih Dekat Komunitas Bonsai Kelapa Indonesia

Rekomendasi

Trubus.id — Komunitas Bonsai Kelapa Indonesia (BKI), merupakan wadah bagi pehobi bonsai kelapa. Di dalam komunitas itu, mereka berkreasi membentuk bonsai kelapa.

Para anggota mengusung jargon kreativitas tanpa batas. Mereka mengulik tanaman kelapa setiap hari. Bahkan, ada anggota BKI yang menyulap tanaman bonsai kelapanya menjadi mirip rumah hobbit—bangsa fiktif ciptaan novelis J.R.R. Tolkien.

Adapun anggota grup BKI se-Indonesia kini 61.349 orang tersebar di berbagai wilayah. Seluruh anggota diminta untuk harus saling mengenal dan menjaga silaturahmi. Tujuannya, agar pada jual beli tanaman dapat meminimalisir hal-hal yang kurang menyenangkan seperti penipuan.

Jual beli harus melalui admin komunitas untuk mendapat persetujuan. Itulah sebabnya calon anggota grup harus menyetujui persyaratan seperti mengunggah foto dengan keterangan berbahasa Indonesia. Ujaran kebencian dan terkait suku agama ras juga terlarang.

Komunitas BKI terbentuk secara virtual berawal dari grup media sosial Facebook pada 13 Januari 2017. Pendirinya antara lain Mohammad Hankam. BKI hidupnya di dunia maya, tidak ada kantor sekretariat, tapi solidaritas anggotanya kuat.

Sesekali anggota bertemu langsung sembari “memamerkan” koleksinya. Selain itu, terkadang dalam pertemuan, mereka membahas teknik terbaru dan perawatan bonsai kelapa. Apalagi, pada masa pandemi korona kala itu, para anggota komunitas dapat melampiaskan hobinya untuk merawat bonsai.

Semua jenis kelapa dapat dikerdilkan. Apalagi sekarang makin banyak kelainan genetik muncul yang membuat pehobi makin tertantang. Setelah menggeluti bonsai kelapa, para anggota BKI mengatakan, budidaya tergolong mudah.

Peralatan untuk bonsai kelapa ini tidak mahal. Bisa memanfaatkan bahan yang ada. Karena kebutuhannya hanya pisau. Harapan pehobi, bonsai kelapa dapat menjadi salah satu identitas bangsa Indonesia. Selain kegiatan sosial membantu sesama anggota, BKI juga aktif menggalang dana bantuan untuk bencana besar.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Meybi Kantongi Omzet Rp75 Juta Sebulan dari Daun Kelor

Trubus.id — Daun moringa alias kelor bagi sebagian orang identik dengan mistis. Namun, bagi Meybi Agnesya Neolaka Lomanledo, daun...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img