Saturday, December 3, 2022

Mesin untuk Memproduksi Tepung Mocaf Lebih Cepat dan Presisi

Rekomendasi

Trubus.id — Potensi bisnis tepung mocaf atau tepung dari singkong termodifikasi cukup tinggi. Oleh karena itu, salah satu hal penting dalam sektor produksi tepung mocaf adalah mesin pemotong singkong.

Menurut Warti Sonto, produsen tepung mocaf di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta, kapasitas mesin pemotong singkong menjadi bentuk cip mencapai 2,5 ton per jam. Padahal, sosok mesin relatif kecil, hanya memerlukan luasan sekitar 1,5 m2 dan tinggi sekitar 1 m.

“Untuk mengoperasikan mesin pembuat cip hanya butuh bahan bakar solar sebanyak 0,5 liter selama 1 jam,” kata ketua Kelompok Wanita Tani (KWT) Ngudisari itu.

Warti mengatakan, pengoperasian mesin cukup mudah, yakni dengan memasukkan singkong yang sudah dikupas dan dicuci bersih ke dalam mesin, hasilnya cip singkong dengan ketebalan merata otomatis akan didapat.

Adapun pengupasan kulit singkong masih manual menggunakan pisau. Hal ini karena bentuk dan ukuran umbi umumnya tidak seragam. Jika harga solar Rp13.000 per liter, ongkos produksi untuk bahan bakar hanya Rp7.500 untuk mengolah singkong menjadi 2,5 ton cip. Biaya itu jauh lebih ekonomis dibanding membuat cip singkong secara manual.

Pengalaman Warti, butuh 1 hari kerja oleh 1 tenaga kerja untuk membuat cip dari 100 kg singkong. Artinya, butuh 2–3 tenaga kerja per hari untuk mengolah 2,5 ton cip.

Biaya produksi tanpa mesin pun lebih mahal. Jika upah membuat cip Rp40.000 per hari, Warti mesti mengeluarkan ongkos produksi hingga Rp120.000 untuk memproduksi cip singkong.

Selain itu, ketebalan cip pasti tidak konsisten dengan pemotongan manual. Ketebalan cip ideal berkisar 2–3 mm yang berpengaruh pada optimalisasi fermentasi dan mempercepat pengeringan.

Jika ketebalan cip tidak sesuai, tentu kualitas tepung pun tidak optimal. Artinya, proses membuat cip salah satu fase krusial dalam produksi mocaf. Mesin pembuat cip itu bisa digunakan hingga 5–10 tahun. Dengan begitu, pembelian mesin masuk dalam biaya investasi.

Simak selengkapnya tentang mesin produksi cip untuk mocaf di Majalah Trubus Edisi 636 November 2022. Majalah Trubus Edisi 636 November 2022 mengulas tren peluang bisnis mocaf dan sorgum, pangan lokal yang berpotensi menjadi pangan nasional.

Segera dapatkan Majalah Trubus Edisi 636 November 2022 di Trubus Online Shop atau hubungi WhatsApp admin pemasaran Majalah Trubus.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Alasan UGM Mendorong Konversi LPG ke Kompor Listrik

Trubus.id — Ketergantungan penggunaan kompor gas LPG terus meningkat. Itu yang menjadi salah satu alasan Pusat Studi Energi (PSE)...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img