Saturday, April 13, 2024

Redakan Asam Urat dengan Susu Kambing

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id — Asam urat merupakan penyakit gangguan metabolik yang disebabkan penumpukan asam urat berlebih dalam jaringan tubuh. Jika produksi asam urat melebihi daya tampung dalam plasma darah, akan terjadi penimbunan dalam jaringan tubuh.

Timbunan asam urat biasanya terjadi di persendian seperti pada pergelangan tangan, tumit, siku, dan lutut. Persendian yang terserang akan membengkak, terasa panas, nyeri, meradang, dan sulit digerakkan.

Gejala asam urat umumnya timbul mendadak dan menyerang pada malam hari saat cuaca dingin. Makanan tinggi purin bisa menjadi pencetus asam urat. Sayuran yang dapat memicu asam urat bila dikonsumsi berlebih yaitu daun singkong, bayam, kangkung, kacang polong, asparagus, kacang buncis, dan kembang kol.

Untuk meredakan rasa sakit, penderita asam urat disarankan untuk mengurangi aneka sayuran itu, karena mengandung purin yang tinggi. Sayuran itu bisa digantikan dengan mengonsumsi sawi putih dan wortel, karena kandungan purin rendah.

Agar lebih efektif, penderita asam urat perlu rutin mengonsumsi susu kambing. Memang susu kambing tidak berperan langsung menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.

Namun, kandungan proteinnya yang mencapai 8,7 g dari secangkir susu kambing atau setara 244 g, berkhasiat meregenerasi sel sehingga jaringan sendi yang meradang dan menyebabkan bengkak perlahan berkurang dan akhirnya sembuh.

Protein juga melenturkan kekakuan jaringan otot sendi akibat penumpukkan asam urat. Kandungan gizi susu kambing yang lengkap memperbaiki sistem metabolisme tubuh.

Tubuh yang metabolismenya terganggu menyebabkan asam urat tidak dicerna secara sempurna. Akibatnya menimbulkan penumpukan di dalam jaringan tubuh. Dengan mengonsumsi nutrisi lengkap—salah satunya berasal dari susu kambing—metabolisme tubuh yang semula terganggu akan kembali normal.

Namun, konsumsi makanan yang mengandung purin tetap harus dikurangi. Itulah tips mudah dan murah agar asam urat menjauh dari tubuh.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Rawat Si Engkong : Durian Tua Berumur 100 Tahun

Trubus.id— Pohon durian setinggi 40 m itu berdiri kokoh di lokasi penanaman durian populer seperti super tembaga, bawor, musang...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img