Friday, December 2, 2022

Serbuan Pupuk Daun di Pasaran

Rekomendasi

Menurut Yos Sutiyoso, praktisi pupuk di Jakarta, pada dasarnya pupuk bisa digolongkan menjadi 2 bagian. Pupuk untuk masa pertumbuhan (vegetatif) dan untuk perkembangan (generatif). Perbedaan terletak pada komposisi unsur hara di dalamnya. Pada masa vegetatif tanaman membutuhkan nitrogen dalam jumlah besar. Pilih pupuk dengan kandungan N tinggi. Sebaliknya saat fase reproduktif (generatif) mereka perlu sumbangan fosfor dan kalium lebih banyak.

Rata-rata pupuk daun di pasaran merupakan pupuk majemuk, sudah mengandung unsur makro (N, P, K) dan mikro sekaligus. Wujudnya bisa dalam bentuk cairan, kristal, dan tepung. Jika kandungan N tinggi berarti pupuk itu untuk memacu pertumbuhan tanaman. Sebaliknya jika unsur P dan K yang dominan berarti untuk fase reproduksi. Namun, ada juga produsen yang tidak membedakan keduanya. Seperti Nutrifarm AG dari PT Amway Indonesia. “Komposisi NPK-nya sudah seimbang, bisa untuk vegetatif atau generatif,” ujar Yuandi Bekti dari PT Amway Indonesia.

Pupuk daun sering dianggap sebagai pupuk pelengkap cair, “Karena pada dasarnya semua hara sudah disediakan tanah. Jika kurang atau tidak tersedia baru digunakan pupuk daun sebagai pelengkap,” ungkap Suwardi dari PT Petrokimia Kayaku, produsen pupuk pelengkap cair Petrovita. Karena sifatnya sebagai pelengkap, beberapa produsen memilih untuk berkonsentrasi pada kandungan zat pengatur tumbuh. Contohnya Nutrisanol. Menurut Daniel Pujo S., Nutrisanol lebih ditujukan untuk meningkatkan fungsi hormon. “ Kalau hormonnya bagus otomatis akan berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan tanaman,” tuturnya.

Pupuk daun selain anoganik ada juga yang organik. Misalnya Green Asri dan Super Bionik. Menurut Dermawan dari PT Aman Asri, produsen Green Asri, pupuk itu mengandung zat pengatur tumbuh khusus yang dibuat dari ganggang laut.” Karena organik, ia tidak berdampak negatif jika diberikan melebihi dosis,” ujar Dermawan. Sementara super bionik, terbuat dari ektrak berbagai limbah organik seperti tanaman,  ikan, hewan, dan limbah lainnya. “ Selain untuk merangsang pertumbuhan, hara dari bahan organik juga berguna untuk menjaga kualitas lingkungan,” kata Rapolo Hutabarat dari PT Foreverindo Insanabadi, produsen Super Bionik.

Begitu banyak pilihan pupuk daun di pasaran. Telitilah dulu sebelum membeli. Pastikan jenis pupuk yang Anda beli sesuai kebutuhan. Berikut ini sebagian produk pupuk daun yang beredar di pasaran. (Laksita Wijayanti/Peliput:Destika Cahyana).

 

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Balitbangtan Menjajaki Kolaborasi dengan Turki atas Keberhasilannya Sertifikasi Varietas

Trubus.id — Balitbangtan yang telah bertransformasi Badan Standarisasi Instrumen Pertanian (BSIP) mulai memperkuat jejaring internasional salah satunya dengan kunjungan ke...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img