Monday, August 15, 2022

Tanam Padi 4 Jam per Hektare

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img
Ada 6 baris tanam dengan kombinasi jarak 40 cm dan 20 cm.

Mesin jarwo hanya perlu 4 jam untuk menanam padi di lahan 1 hektare. Lazimnya seharian oleh 30 tenaga kerja.

Trubus — Jumlah tenaga kerja untuk menanam di lahan 1 ha mencapai 30 orang selama sehari. Adapun biaya tanam Rp3.000.000 dengan asumsi upah Rp100.000 per orang. Bandingkan dengan alat tanam jarwo alias jajar legowo 6 baris sekali maju dengan kecepatan rata-rata 2,5 km/jam. Menanam padi di lahan 1 hektare hanya perlu 4 jam. Itulah mesin tanam ciptaan Dr. Ir. Joko Pitoyo, M.Si., perekayasa di Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian (BBP Mektan).

Penanaman padi dengan mesin jarwo hanya perlu Rp465.000 per ha. Biaya itu terbagi untuk tenaga operator dan bahan bakar. Tiga operator menanam padi di lahan dua hektare dalam sehari dengan upah Rp750.000 per orang. Upah tenaga kerja untuk sehektare sekitar Rp375.000. Adapun bahan bakar premium sekitar tiga liter per jam dengan biaya Rp22.500. Biaya bahan bakar per hektare Rp90.000.

Penanaman padi dengan mesin jarwo hanya perlu Rp465.000 per
ha.

Sulam 5%

Joko bersama tim riset BBP Mektan dan Fakultas Teknologi Pertanian Institut Pertanian Bogor merakit mesin tanam padi jarwo. Purwarupa mesin resmi rilis pada Desember 2017. Satu tenaga operator dan dua tenaga pembantu mengoperasikan mesin berdimensi 280 cm x 220 cm x 200 cm itu. Mesin jarwo bisa “menanami sawah” untuk semua jenis tanah dengan syarat lahan tidak terlalu sempit.

Menurut Joko setidaknya panjang lahan 50 m dan lebar 30 m. “Penggunaan mesin identik dengan sawah yang luas. Itu tidak sepenuhnya benar. Saya pernah menggarap lahan seluas 500 m2 bahkan 200 m2 dengan mesin jarwo,” kata Didik Purwadi Nugroho. Petani di Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, itu pernah dua kali mencoba mesin rakitan Joko. Syarat lain yakni kekerasan lapisan olah atau hardpan.

Petani hanya perlu penyulaman sebesar 5% dengan mesin jarwo.

Pada kedalaman lumpur maksimal 30 cm yang diukur dengan penetrometer cone 2 cm2, tahanan tanah minimal harus 2 kg/ cm2. Persiapan lahan sebelum tanam seperti lazimnya yaitu pengolahan tanah dengan traktor tangan atau traktor roda empat. Hasilnya tanah melumpur sempurna. Kondisi tanah masih perlu perataan terakhir sekitar 2―3 hari. Air permukaan dialirkan ke luar bedeng agar lapisan lumpur memadat dan tidak terlalu encer.

Doktor Teknologi Pertanian alumnus Kobe University, Jepang, itu mengatakan, penyulaman hanya perlu 5%. Artinya jika populasi 213.300 rumpun per hektare, petani hanya perlu menyulam 10.665 rumpun. Itu pun bukan semata faktor kinerja mesin sebab kontribusi lubang tanam kosong tidak melebihi 1%. Sisanya disebabkan oleh proses penyiapan benih dan daya tumbuh benih yang tidak seragam.

Jajar legowo

Uji coba mesin jarwo dilakukan di Balai Besar Penelitian Tanaman Padi (BB Padi) Sukamandi, Kabupaten Subang, Usaha Pelayanan Jasa Alat dan Mesin Pertanian (UPJA) Desa Kebondalem, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, dan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Banten. Didik Purwadi Nugroho kali pertama mengoperasikannya di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

Mesin jarwo rakitan Dr. Joko Pitoyo, MSi mampu menanami sehektare sawah dalam 4 jam.

Penanaman di sawah irigasi nonteknis, populasi gulma juga cenderung meningkat pada sela baris yang lebih renggang. Selebihnya, mesin menjadi jawaban krisis tenaga kerja sekaligus meningkatkan produktivitas sawah. Jajar legowo meningkatkan produktivitas tanaman. Padi menjadi lebih sehat sebab jarak lebar meningkatkan aerasi antarbaris. Selain itu laju fotosintetis meningkat karena daun optimal menyerap sinar matahari.

Ikhwani dan tim riset dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan dan Balai Besar Penelitian Tanaman Padi menyatakan, cara tanam jajar legowo berpeluang menghasilkan gabah lebih tinggi dibandingan dengan sistem tegel atau 25 cm x 25 cm. Musababnya populasi lebih banyak dan pemilihan varietas yang adaptif pada pertanaman rapat. Ikhwani pun menyarankan perlunya alat tanam jajar legowo yang bisa diatur, akurat, kuat, dan mudah dioperasionalkan.

Menurut Joko mesin sejenis yakni walking transplanter 4 baris lazimnya berjarak tanam seragam 30 cm antarbaris. Mesin tanam jarwo berbeda lantaran ada 6 baris tanam dengan kombinasi jarak 40 cm bagian tengah dan 20 cm bagian kiri. Model ini merupakan perbaikan terutama konfigurasi jarak tanam antarbaris. Mesin rakitan BB Mektan itu terdiri atas dua bagian utama yakni traktor penggerak dan bagian tanam.

Traktor penggerak meliputi roda, transmisi, kemudi, dan tuas kontrol atau kendali. Bagian penanam terdiri atas jari penanam, pelampung, meja bibit, pengatur jumlah bibit, pengatur kedalaman, dan pengatur jarak tanam. Mesin akan menanam benih padi dengan kedalaman tanam 2―6 cm. Kapasitas rak sebagai wadah benih padi hanya 12 baki. Setidaknya petani perlu menyiapkan 325 baki untuk sehektare. Oleh karena itu, ketika benih di wadah habis, operator mesin harus sigap menambahkannya. (Sinta Herian Pawestri)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img