Friday, June 14, 2024

Bahan Baku Bagus Syarat Menghasilkan Gula Semut Terbaik

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id—Bahan baku bagus syarat menghasilkan gula semut terbaik. Gula semut dapat berasal dari gula cetak yang melalui pemrosesan.  Cirinya gula cetak berkualitas berwarna kuning cerah, mudah patah, dan aromanya harum.

Menurut penghasil gula semut Sudiro nira nomor satu juga menentukan kualitas  gula semut. Sebelum menderes, biasanya Sudiro membersihkan wadah penampung nira berbahan potongan bambu setinggi 30 cm. Masyarakat Kulonprogo menyebut wadah itu bumbung.

Sudiro mencuci bumbung menggunakan air hangat dan menggosoknya dengan manggar. Ia juga memasukkan larutan getah manggis dan kapur sirih sebelum mengisi bumbung dengan nira. Tujuannya mengurangi keasaman nira dan menjernihkannya.

Sudiro mengatakan nira yang ia gunakan spesial karena berasal dari kelapa yang dipupuk organik. Ia membenamkan 15 kg pupuk kandang fermentasi ke dalam lubang berukuran 1 m x 1 m x 60 cm.

Jarak lubang sekitar 1 m dari batang kelapa agar memudahkan pemanjatan saat panen nira.  Pemupukan rutin sebulan sekali. Sepengamatan Sudiro kelapa yang dipupuk lebih bagus ketimbang yang tidak diberi pupuk. Produksi nira milik Sudiro pada musim kemarau mencapai 2,5—3 l per pohon per hari.

Sementara produksi nira dari kelapa yang tidak dipupuk 2 l per pohon per hari. Sudiro masih dapat menderes sepanjang musim kemarau. Tanaman tanpa pupuk hanya bisa dideres sampai pertengahan musim kemarau. Berikut langkah membuat gula semut ala Sudiro.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024, Klaster Filantropi Lingkungan Hidup dan Konservasi  Gelar Tanam Pohon Serentak di 18 Provinsi

Trubus.id—Klaster Filantropi Lingkungan Hidup dan Konservasi (KFLHK) yakni Perhimpunan Filantropi Indonesia, Dompet Dhuafa, Belantara Foundation, Dompet Dhuafa Volunteer (DDV),...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img