Tuesday, July 23, 2024

Cara Manjakan “Tikus” Mungil

Rekomendasi
- Advertisement -

Berlari dan bersembunyi dua hobi yang paling disukai hamster. Bila sebuah mainan berbentuk terowongan diletakkan di kandang, ia segera memasukinya. Perlahan-lahan tangga yang menghubungkan ke lubang terowongan dinaiki. Kakinya sungguh cekatan. Tidak lama kemudian ia lenyap ditelan lubang itu. Terowongan berbentuk lurus dan melingkar-lingkar mirip jet coaster itu dilewatinya dengan mulus.

Aktivitas itu dilakukan hingga berkalikali. “Ubah rute itu setiap hari agar mereka tidak bosan,” kata Chandra, pemilik Setra Sari Pet Shop di Bandung. Perilaku lain lebih lucu. Ia memasuki rumah kecil sebagai tempat persembunyian. Di situ ia berlari keluar masuk atau naik turun tangga.

Setelah bosan, hamster menggali alas tidur berupa serbuk serutan kayu tipis. atau bak pasir. “Agar tampak lucu, letakkan sekop dan ember kecil, sehingga mirip anak kecil bermain pasir di pantai, “ saran Chandra.

Kincir Favorit

Alat permainan lain berupa kincir untuk menyalurkan hobinya berlari. Kincir itu berfungsi sebagai treat mill yang biasa dilakukan orang berjogging. Semakin cepat kincir berputar ia semakin senang. Namun, sebaiknya perhatikan kondisi kincir. Tidak jarang ketika hamster tengah melaju, kincir terlepas dari tiang. Roda yag lepas berpotensi mencederai kaki hamster.

Satwa pengerat itu tak takut kehadiran manusia. Ia tetap bermain sekali pun puluhan orang menontonnya. Tingkah yang lucu menggoda minat anak—penggemar utama kerabat tikus itu—untuk mengoleksi. “Mereka menyenangi tingkahnya yang lucu-lucu, ungkap Yongky, pemilik Aquanesia di Gading Serpong, Tangerang. Harga si mungil itu cukup terjangkau Rp20.000—150.000 per ekor.

Hewan asal Asia Tengah itu memang pantas jadi klangenan. Ia seekor “atlit” yang hebat dengan berbagai kepiawaian. Dia bisa menggali terowongan dalam tempo singkat, memanjat tinggi tanpa tali, menjelajah daerah gelap gulita, dan mampu mendengar suara sekecil apa pun. Namun, hati-hati sebab ia pun pencuri.Bila si mungil dilepas di rumah, jangan kaget kalau gula kemasan kecil di meja makan hilang. Ia bisa menggotong seratus sachet gula.

Senang olah raga

Satwa temuan Professor Aharoni itu paling senang berolahraga. ”Bila diam, justru ia jadi stres,” ungkap Chandra. Kalau mau melihatnya terus bergerak, masukkan beberapa hamster ke kotak kaca. Mereka bergegas menghampiri mainan seolah tidak mau keduluan oleh temannya.

Beragam alat permainan dan perlengkapan olahraga itu mudah dijumpai di berbagai pet shop. Terowongan kaca sehingga penggemar bisa melihat langsung aktivitas di dalam lubang, rumah kecil berlubang, perosotan, dan jungkat-jungkit beberapa pilihan. Semuanya terbuat dari plastik padat. Harga bervariasi Rp45.000—Rp100.000. Harga itu tidak termasuk kandang yang mencapai Rp300.000.

Hamster sulit diajak bermain karena bermain liar seperti tikus. Namun, si buntut pendek itu bisa dirangsang dengan mengelus bulu-bulunya setiap hari. (Syah Angkasa)

 

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Pakai IoT di Kebun Jeruk, Hasil Panen Optimal

Trubus.id—Penggunaan internet of things (IoT) untuk pertanian turut membantu meningkatkan hasil panen dan kualitas produk. Pekebun jeruk di...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img