Wednesday, February 8, 2023

Ikan Hias yang Diprediksi Bakal Tren di 2023

Rekomendasi

Trubus.id — Apa jenis ikan hias yang tren pada 2023? Tentu bukan hal mudah untuk memprediksi hal itu. Namun, setidaknya tetap ada beberapa jenis ikan hias yang bakal tren 2023, baik dilihat dari sisi pasar, permintaan maupun gelaran kontes.

Menurut Hermanus Haryanto, praktikus sekaligus transhipper ikan hias di Jakarta, syarat ikan hias tren atau ramai adalah memiliki komunitas besar, rutin menyelenggarakan kontes, serta memiliki organisasi, baik pada kancah nasional maupun internasional.

Pehobi ikan hias sejak 2002 itu memprediksi 3 komoditas yang masih ramai pada 2023, yakni cupang, gupi, dan channa atau gabus hias. Alasannya, dua di antaranya—cupang dan gupi—sudah ada organisasinya, baik lokal maupun internasional yang menaungi.

Cupang misalnya, ada International Betta Congress (IBC) dan gupi memiliki International Fancy Guppy Association (IFGA). Kedua organisasi itu berperan dalam standardisasi menentukan kualitas ikan masing-masing komoditas sehingga menjadi acuan penilaian ketika kontes.

Barometer kontes saat diskusi terpumpun (focus group discussion) dengan redaksi Majalah Trubus, Hermanus menuturkan, permintaan cupang tidak melulu dari negara-negara Asia. Eropa pun menggandrungi ikan anggota famili Osphronomidae itu.

Negara-negara yang rutin meminta cupang antara lain Jerman, Swiss, Prancis, dan Belanda. Cupang tangkaran Indonesia pun sudah mengisi pasar itu. Menurut Hermanus, pada 2023 permintaan cupang dari Eropa masih stabil walau tidak seramai 2020–2021.

Pemicu lainnya kontes yang selalu ramai. Hermanus mencontohkan peserta kontes cupang di Malaysia mencapai 7.000–8.000 ikan cupang. Di dalam negeri pun peserta kontes masih ramai. Kontes internasional terakhir bertajuk “Sakti Cup” mencapai 1.427 ikan.

Hermanus mengatakan, kontes rutin juga memicu pertumbuhan ekonomi para pelakunya mulai dari breeder atau penangkar, penjual sarana pendukung kontes (akuarium, pakan, vitamin, dan lainnya) hingga handler atau perawat ikan.

“Jika peserta 1.000–2.000 ikan dan biaya pendaftaran Rp100.000 per ikan, omzet dari satu kontes mencapai Rp100 juta–Rp200 juta,” kata Hermanus.

Pantas jika ekonomi tumbuh, banyak pelaku yang bisa hidup dari bisnis ikan hias itu. Lantas, bagaimana dengan prediksi ikan hias lainnya seperti gupi dan channa atau gabus hias?

Simak seputar ikan hias yang diprediksi bakal tren pada 2023 di Majalah Trubus Edisi 638 Januari 2023. Majalah Trubus Edisi 638 Januari 2023 mengupas tuntas berbagai jenis komoditas agribisnis yang bakal tren, mulai dari ikan hias, tanaman hias, buah, hingga sayuran.

Dapatkan Majalah Trubus Edisi 638 Januari 2023 di Trubus Online Shop atau hubungi WhatsApp admin pemasaran Majalah Trubus.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Peluang Bisnis Bibit Buah Naga

Trubus.id — Banyak yang tertarik untuk ikut mengebunkan buah naga kuning. Wajar saja, sebab banyak masyarakat yang menyukai buah...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img