Thursday, June 20, 2024

Langkah Hasilkan Minyak Biji Randu Berkualitas

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id—Biji randu dapat diolah menjadi minyak.  Prinsip memanen minyak dari biji randu atau kelenteng dengan penumbukan dan pengempaan. Menurut produsen minyak randu di Purwosari, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur  minyak biji Ceiba pentandra itu berkualitas prima dengan kadar protein lebih dari 30%.

Proses bermula dari pemecahan biji, menumbuk, lalu mengempa. Minyak keemasan transparan keluar terpisah dari bungkil.

Demi memperoleh minyak kelenteng tanpa kontaminasi serat, ia menyarankan memasang pengembus setinggi kurang lebih 5 meter. Lantas menumpahkan kelenteng dari karung ke ban berjalan yang membawa kelenteng ke mulut pengembus.

Kelenteng jatuh ke dasar pengembus karena bobotnya lebih besar ketimbang serat, sementara serat tertahan di atas. Biji randu lantas masuk ke dalam mesin penumbuk yang berjajar. Penumbuk memukul-mukul biji sampai lumat dan mengeluarkan minyak.

Di bawah penumbuk ada pengempa ulir yang memisahkan minyak dari bungkil. Minyak keluar dari lubang di bawah, ulir mendorong bungkil keluar lewat belakang.

Minyak kelenteng berbuih lantaran tingginya kandungan lemak, mencapai 23 gram per 100 gram. Itu sebabnya berbagai literatur menyebutkan salah satu pemanfaatannya adalah sebagai bahan membuat sabun.

Namun salah satu kendalanya adalah populasi pohon randu yang kian menyusut lantaran orang kian menyukai kasur, bantal, maupun jok berisi busa atau dakron alih-alih kapuk. Periset di Balai Pengujian Standar Instrumen Tanaman Pemanis dan Serat Dr. Drs. Marjani, M.P. menyatakan, perhatian terhadap kapuk kian menyusut.

Pemicu utamanya tentu saja pemanfaatan yang makin sedikit lantaran pandangan terhadap randu hanya sebatas sebagai penghasil kapuk. Padahal, nilai jual dari pengolahan kelenteng yang semula hanya limbah tidak bisa dipandang sebelah mata.

Saat musim bunga, ada potensi madu yang juga bisa diolah. Randu sangat cocok tumbuh dan berproduksi di daerah khatulistiwa seperti Indonesia dan Afrika. Minyak kelenteng menyimpan potensi ekonomi yang terabaikan dan menunggu sentuhan.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Budidaya Udang Vannamei Superintensif, Padat Tebar Padat Hasil Panen

Trubus.id—Budidaya udang vannamei superintensif  merupakan cara budidaya dengan tingkat kepadatan tinggi mencapai 1.000 ekor per m2 atau rata-rata 370...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img