Wednesday, February 8, 2023

Memotret Pasar Unggas dari Sisi Peluang Bisnis

Rekomendasi

Trubus.id — Secara umum bisnis ayam broiler cukup prospektif pada 2023 apabila harga ayam hidup bisa di atas harga pokok produksi (HPP). Menurut Roni Maulana Yusup, S.Pt., peternak di Kecamatan Kramatmulya, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat itu, harga pokok penjualan ayam organik (lifebird) Rp19.000–Rp20.000 per kg.

Pos pengeluaran terbesar antara lain pakan yang mencapai 70%. Khudori, pengamat agribisnis perunggasan, mengatakan, di hulu termasuk pakan berupa bungkil jagung dan kedelai hampir semua input produksi impor.

Ketika harga bahan pakan di pasar dunia naik atau nilai tukar rupiah tertekan, imbasnya langsung terasa di pasar domestik. Menurut Khudori, penting disadari, industri perunggasan adalah salah satu pilar penting penggerak ekonomi rakyat. Bukan saja sebagai penyedia lapangan kerja yang besar, melainkan membuka akses yang luas bagi warga untuk mengonsumsi sumber protein yang baik dengan harga terjangkau.

Ketika diskusi terpumpun dengan Majalah Trubus, Ir. H. Sugeng Wahyudi, Sekretaris Jenderal Gabungan Organisasi Peternak Ayam Nasional (Gopan), mengatakan, populasi ayam broiler tumbuh dari tahun ke tahun. Dari sisi produksi ayam broiler tidak terlalu terkendala. Namun, seringkali kendala ada pada fluktuasi harga.

Sebetulnya, penyelamatan harga di peternak bisa dengan melakukan kemitraan seperti yang dilakukan Bayu Aji Pangestu, S.Pt., peternak di Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Jawa Barat.

Bayu bermitra dengan 40 peternak ayam broiler di Bogor, Semarang, Banyuwangi, dan Surabaya. Menurut Bayu, industri ayam pada 2023 menekankan kolaborasi dan kemitraan. Pemilik Smart Kandang itu mengembangkan 80.000 ekor.

Ia menjual 8–10 ton karkas per bulan. Pemasaran terserap karena ia menjual ke konsumen seperti hotel, restoran, kafe, dan rumah tangga. Harganya Rp35.000–Rp42.000 per kg karkas. Ia juga menyediakan filet dada dan paha seharga Rp34.000 per kg dan jeroan seharga Rp15.000 per kg.

Produk unggas lain seperti ayam bukan ras, ras petelur, itik, dan puyuh pun tetap tidak tergantikan. Simak potret pasar unggas yang diprediksi memiliki potensi bisnis pada 2023 di Majalah Trubus Edisi 638 Januari 2023. Majalah Trubus Edisi 638 Januari 2023 mengupas tuntas berbagai jenis komoditas agribisnis yang bakal tren, mulai dari ikan hias, tanaman hias, buah, hingga sayuran.

Dapatkan Majalah Trubus Edisi 638 Januari 2023 di Trubus Online Shop atau hubungi WhatsApp admin pemasaran Majalah Trubus.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Kementan Dorong Pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan Kopi

Trubus.id — Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktorat Jenderal Perkebunan mendorong upaya pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT) pada komoditas tanaman...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img