Saturday, April 20, 2024

Peluang Pasar Baru Bisnis Kakao

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id— Komoditas kakao Theobroma cacao tengah menjadi buah bibir sejak awal 2024. Terutama di kalangan para pelaku industri cokelat baik dari hulu hingga hilir. Pasalnya harga komoditas yang sohor dengan sebutan penganan para dewa itu meroket hingga Rp91,8 juta per ton biji kering.

Harga itu melonjak 40% dibandingkan dengan akhir tahun 2023. Itu harga termahal biji kakao kering sepanjang masa. Penyebab peningkatan harga itu beragam. Salah satunya perubahan iklim. El nino pada 2023 menyebabkan kekeringan sehingga menurunkan produksi kakao 30—50%.

Pasokan yang kian berkurang tentu menyebabkan harga melambung saat permintaan kian tinggi. Permintaan kakao pun lazimnya meningkat terutama menjelang hari raya seperti Idulfitri dan Natal. Artinya ada peluang mengisi pasar besar kakao.

Namun, upaya itu memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Pekebun mesti menerapkan good agricultural practices (GAP) dan pascapanen tepat. Oleh sebab itu, Majalah Trubus mengulas kakao pada rubrik Topik di edisi April 2024.

Pada topik utama kami sajikan pengalaman petani yang justru bisa bertahan dengan fenomena perubahan iklim dan mengalami peningkatan produksi. Banyak pula pihak-pihak baik swasta maupun pemerintah yang terjun langsung membina petani serta berinovasi untuk meningkatkan produksi dan pascapanen tepat sehingga industri kakao langgeng.

Baca selengkapnya pada Majalah Edisi 653 April 2024 mengupas tuntas Harga Meroket: Bisnis Kakao Bergairah. Dapatkan Majalah Trubus Edisi 653 April 2024 di Trubus Online Shop atau hubungi WhatsApp admin pemasaran Majalah Trubus.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Resep Khusus Atasi Wereng pada Tanaman Padi

Trubus.id—Serangan wereng berulah, petani terancam gagal panen. Serangga itu hidup dengan mengisap cairan padi sehingga tanaman mengering dan mati....
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img