Wednesday, August 17, 2022

Proteksi Melon Premium

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img
Mewajibkan siapa pun memakai jas kebun, pelindung kepala, dan alas kaki, demi mencegah virus masuk ke rumah tanam.

Pehidroponik di Kota Bekasi, Jawa Barat, Ir. Yoga Purnomo tahu betul pengalaman buruk di kebunnya. Setengah populasi melon di rumah tanamnya yang berumur 20 hari itu menguning dan berdaun keriting karena serangan virus. “Untung di kebun ada sekat, sehingga tidak semua tanaman terserang,” kata Yoga. Ia segera memusnahkan tanaman terserang demi mencegah penyebaran. “Jika sudah terserang virus sulit untuk mengobatinya,” kata pehidroponik sejak 2018 itu.

Kini Yoga menerapkan perlindungan optimal, salah satunya mewajibkan pengunjung yang akan memasuki rumah tanam memakai pelindung kepala, jas kebun, dan pelindung alas kaki. Hal itu menekan penyebaran virus dari pengunjung. Nun di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Stefanus Rangga Santoso pun menerapkan cara serupa. Ia mewajibkan siapa pun memakai pakaian khusus dan pelindung kepala saat hendak measuki rumah tanam. Cairan disinfektan tersedia untuk mencelupkan alas kaki sebelum memasuki rumah tanam.
Sebelum memasuki rumah tanam ada sebuah bilik khusus yang bisa meniupkan angin dengan blower dan cairan disinfektan bagai siapa pun yang hendak masuk ke rumah tanam.

Rangga menerapkan teknologi ozon untuk mencegah hama. Alat yang pembuat ozon itu terpasang di atap bagian dalam rumah tanam. “Memakai ozon tak perlu fungisida. Namun, masih tahap riset kandungan yang pas,” kata Rangga. Harap mafhum, jika kandungan ozon terlalu justru tinggi berpotensi merusak buah dan menyebabkan perangkat metal di rumah tanam cepat berkarat. (Muhamad Fajar Ramadhan)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img