Thursday, February 29, 2024

Telur Ceko Penuh Warna

Rekomendasi
- Advertisement -

Ayam-ayam yang telurnya berwarna hijau, biru, dan cokelat gelap.

Cangkang telur ayam bukan hanya cokelat muda. Ada juga yang hijau, cokelat tua, dan biru muda. Itulah telur-telur ayam produksi Dominant CZ, perusahaan asal Ceko. Menurut pemilik Dominant CZ, RN Dr. Milan Tyller, lima jenis ayam yang menghasilkan telur berwarna hijau yakni dominant blue GS 107, dominant red barred GS 159, dominant red barred GS 459, dominant gold GS 902, dan dominant barred GS 959.

Jenis-jenis ayam penghasil telur berwarna hijau.

Produktivitas semua ayam bertelur hijau itu relatif tinggi yakni 240 butir per tahun. Tingkat produktivitas itu lebih rendah dibandingkan dengan ayam ras di Indonesia yang rata-rata 300—310 butir per tahun. Puncak produksi mencapai 88%. Artinya dari populasi 100 ayam yang betelur 88 ekor. Telur kelima jenis ayam itu berkerabang hijau bersih dan berbobot rata-rata 58 g. Konsumsi pakan 122 gram per ayam sehari.

Spesialisasi ayam

Peneliti ayam di Balai Penelitian Ternak (Balitnak), Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Dr. Ir. Tike Sartika, M.Si, mengatakan, Indonesia juga memiliki ayam lokal yang telurnya berwarna hijau. Sayangnya “Ayam itu belum teridentifikasi dan saya lupa daerah asal ayam itu,” kata Tike. Sementara penghasil telur berwarna cokelat tua adalah dominant black D 109.

“Ayam itu hasil persilangan antara pejantan rhode island red dan betina barred plymouth rock,” kata Milan yang juga ahli genetika senior kepada Trubus ketika berlangsung pameran Salon de la Production Agricole Carrefour Européen (SPACE) 2018 di Kota Rennes, Perancis. Anakan betina berwarna gelap tanpa noda di kepala, sedangkan anakan jantan bercorak dengan noda putih di kepala.

Pemilik Dominant CZ yang juga ahli genetik senior, RN Dr. Milan Tyller.

Produktivitas telur dominant black D 109 sekitar 250 butir per tahun. Pada umur 1,5 tahun ayam itu menghasilkan 310 telur. Saat itu dari populasi 100 ekor yang bertelur 90 ayam atau puncak produksi 90%. Warna telur dominant black D 109 cokelat tua dan berbobot rata-rata 59 g. Milan menuturkan, ayam itu sangat adaptif di daerah beriklim panas seperti negara-negara di Afrika, Amerika Latin, dan Asia.

Jenis itu juga populer di banyak peternakan skala kecil di negara-negara Eropa seperti Jerman dan Yunani. Milan mengatakan, setelah berhenti bertelur, semua ayam itu bisa diolah menjadi masakan seperti sup karena karkasnya berkualitas tinggi. Saat berumur 1,5 tahun bobot kelima ayam itu sekitar 2,1 kg. Sementara bobot dominant black D 109 mencapai 2,2 kg. Dominant CZ berpengalaman 25 tahun mengembangkan ayam lokal.

Ayam dominant black D 109 ayam persilangan pejantan rhode island red dan betina barred plymouth rock yang telurnya berkelir cokelat tua.

“Spesialisasi kami pada tipe petelur klasik dengan bobot yang lebih berat dan daya adaptasi luas di berbagai tipe daerah pemeliharaan,” kata Milan. Ayam-ayam produksi Dominant CZ pun adaptif dengan beragam cara pemeliharaan seperti ekstensif, kandang umbar, dan halaman pedesaan. Musababnya perusahaan itu menerapkan metode dan pendekatan paling pas saat pemuliaan ayam.

Tahan penyakit

Dominant CZ berpengalaman lebih dari 25 tahun mengembangkan layer hibrid bertelur aneka warna.

Semua keunggulan itu juga terwujud berkat kerja sama dengan universitas lokal dan mancanegara serta beberapa lembaga riset di Vietnam, Kenya, dan Ethiopia. Wajar saja banyak peternak dari 50 negara di 4 benua seperti Uganda, Ukraina, Amerika Serikat, Meksiko, dan Filipina yang memelihara ayam ternakan Dominant CZ. Alasan Milan menyilangkan ayam untuk meningkatkan efisiensi produksi dan resisten terhadap penyakit.

Selain itu juga agar ketersediaan ayam selalu ada sepanjang tahun. Ada sekitar 19 ayam hibrida dengan ragam warna telur seperti cokelat muda, cokelat tua, hijau, putih, dan biru muda. Semua ayam itu dijual dalam bentuk bibit induk ayam atau grand parent stock (GPS), ayam pembibit atau parents stock (PS), dan ayam hibrida final. Milan meyakini ayam produksi Dominant CZ juga adaptif dipelihara di Indonesia. (Riefza Vebriansyah)

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Tip Bungakan Tanaman Subtropis Hyacinth di Indonesia

Trubus.id— Hyacinthaceae tanaman asal Turki selatan yang subtropis. Bagi kebanyakan orang membungakan hyacinth di Indonesia tergolong sulit. Namun, menurut...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img