Sunday, June 23, 2024

Tingkatkan Daya Saing Produk Kakao dengan Fermentasi

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id—Menurut dosen Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Sintuwu Maroso, Dr. Andri Amaliel Mananganta, S.P., M.Si., pelaksanaan fermentasi biji kakao dapat meningkatkan daya saing produk kakao.

Pantas saja pekebun kakao di Desa Sepe, Kecamatan Lage, Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah, Raden Saleh Bantau melakukan fermentasi atau pemeraman pada hasil panen biji kakao. Setelah pemeraman 1—2 hari, Raden menjemur biji kakao untuk menurunkan kadar air biji hingga 6—7%.

Pemeraman dan pengeringan dengan menjemur biji di bawah terik matahari merupakan metode yang paling baik. Raden menjemur biji di atas jaring peneduh. Andri sangat senang dengan adanya peningkatan perbaikan kualitas hasil dan produksi melalui peningkatan kompetensi para pekebun.

Oleh sebab itu, ia mempublikasikan hasil kegiatan itu dalam jurnal PRIMA: Journal of Community Empowering and Services. 4(2), 70—77, 2020, dengan judul Perbaikan Produksi dan Kualitas Buah Kakao Melalui Peningkatan Kompetensi Petani Di Desa Sepe, Kecamatan Lage, Kabupaten Poso.

Raden sukses meningkatkan hasil produksi setelah mengikuti pelatihan dan pembinaan yang diselenggarakan Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Sintuwu Maroso. Kegiatan itu dilakukan dalam rangka pengabdian kepada masyarakat. Sejak saat itu ia merawat kebun lebih intensif.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dimulai dengan melakukan observasi lokasi yang melibatkan Raden sebagai pemilik kebun. Tujuannya mengidentifikasi kebutuhan pelatihan dan pembinaan, demonstrasi, dan transfer inovasi.

Ternyata ada beberapa permasalahan yang dihadapi para pekebun seperti perawatan tanaman yang minim, rendahnya produksi, serta serangan hama dan penyakit. Oleh sebab itu, kegiatan pengabdian diarahkan untuk membantu petani melalui pelatihan pemupukan, pemangkasan, dan pembersihan gulma secara teratur.

Andi menuturkan  proses panen sesuai standar, serta pengendalian hama dan penyakit. Pantas bila semua proses yang telah dilakukan pekebun dapat memicu peningkatan produksi.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Kura-kura Hibrida Unik Bikin Harga Melejit

Trubus.id—Kura-kura hibrida redcata milik William Albert amat seronok, meski terlihat dari jauh. Warnanya yang terakota terang dan berpadu garis...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img